Pelakunya Canggih, Begini Tanggapan Menkominfo Terkait Akun YouTube DPR RI Diretas

JELAJAHNEWS.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi angkat bicara terkait peretasan akun YouTube DPR RI.

Budi Arie mengungkapkan, pihaknya tengah mencari tahu siapa yang meretas akun YouTube DPR dan menayangkan siaran judi slot di sana.

Menkominfo juga menyebut, peretas akun YouTube DPR bisa berasal dari negara mana saja dan ia menyebut peretas itu agak canggih.

“Kita kan sudah borderless, sudah lintas batas negara, bisa dari mana aja kan pelakunya. Nah ini kita lagi proses dalami, kita selidiki siapa pelakunya,” ujar Budi Arie, Rabu (6/9/2023).

Budi mengakui, pelaku peretas peretas akun YouTube DPR canggih mampu meretas akun resmi lembaga legislatif tersebut.

“Tapi yang pasti kan tanda kutip hacker-nya agak canggih juga,” sambung Budi Arie.

Budi Arie mengaku masih mencari tahu penyebab akun YouTube DPR sangat mudah oknum retas. Namun, ia mengingatkan bahwa peretasan tersebut merupakan bukti bahwa ada pekerjaan rumah bagi lembaga-lembaga yang ada di Indonesia untuk meningkatkan keamanan siber.

Ia mengakui bahwa banyak situs lembaga yang masih rentan diretas, tercermin dari banyaknya situs pemerintah yang sempat dibobol dalam beberapa waktu terakhir.
“Penyebabnya sampai saat ini, saat ini kan masih terus ditelusuri, penyebabnya ya keamanan sibernya harus diperbaiki ditingkatkan,” kata Budi.

Budi pun mengingatkan bahwa penyelenggara sistem elektronik harus punya inisiatif untuk meningkatkan keamanan tanpa bergantung ke pihak lainnya. “Kalau rumah kamu enggak dikunci, terus kecurian, kamu nyalahin Pak RT, benar enggak? Maksudnya, ya sudah, kita mengimbau semua pihak untuk juga menjaga keamanan siber,” ujar Budi.(sid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

68 komentar