Bupati Tapsel Gelar Panen Raya Perdana di Desa Tolang Sipirok

JELAJAHNEWS.ID, TAPANULI SELATAN – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Syahrul M. Pasaribu melakukan Panen Raya Perdana Ketahanan Pangan Desa Tangguh di Desa Tolang, Kecamatan Sipirok, Senin (1/2/2021).

Melalui kegiatan Ketahanan Pangan (Ketapang) ini diharapkannya dapat mengurangi beban masyarakat akibat dampak Covid-19. Syahrul pun mengatakan, pengaruh dari covid-19 tidak hanya dari sisi kesehatan saja tetapi juga dari kehidupan keseharian dan perkonomian.

“Semoga dengan adanya Panen Raya ini dapat mengurangi beban masyarakat yang terkena dampak dari pandemi covid-19 dari sisi pandang ekonomi,” sebut Syahrul.

Sesuai tema kegiatan, yakni ‘Optimalisasi Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Menuju Tapsel Sejahtera’, maka jagung yang di panen pun sudah bisa langsung di tanam kembali oleh masyarakat.

“Hal ini dilakukan sesuai arahan dari Presiden RI, agar di setiap kesempatan mencari terobosan-terobosan baru,” ucapnya.

Walau kegiatan berlangsung sederhana, akan tetapi Syahrul mengatakan bahwa lahan tersebut cukup luas dan terbagi berbagai spot yang berbeda.

“Dan lahan untuk penanaman jagung ini merupakan lahan yang belum di daya gunakan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj mengatakan, sesuai dengan kebijakan Presiden RI Joko Widodo, pemerintah daerah, forkopimda diminta untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan ketahanan pangan. Menurutnya, hal ini berguna untuk pemulihan ekonomi nasional serta membantu masyarakat dalam penanggulangan covid-19, khususnya dalam sektor ekonomi.

“Ini juga merupakan upaya Pemkab Tapsel dan stakeholder dalam rangka menanggulangi dampak covid-19 di Tapsel. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari Bupati Tapsel. Kami berharap bagi desa maupun kecamatan lainnya agar secara continue (bersambung) untuk melaksanakan kegiatan ketahanan pangan ini,” sebut Roman.

Usai melaksanakan panen jagung, Bupati dan rombongan langsung menyerahkan hasil panen kepada perwakilan masyarakat Desa Tolang untuk di kembangkan lagi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi Kejaksaan RI, Barita Simanjuntak, Sekretaris Komisi Kejaksaan RI, Tiyas Widiarto, Kajari Tapsel, Ardian, Sekda Tapsel, Parulian Nasution, para Pimpinan OPD Tapsel, dan Camat se-Tapsel. (Irul Daulay)