oleh

Bupati Karo Terima Peluncuran Pecahan 75 Ribu

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH MH menyambut baik peluncuran uang pecahan baru Rp 75.000. Hal itu dikatakannya di sela sela acara peluncur uang hari kemerdekaan Indonesia oleh Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut,di Gedung BI Medan, Selasa (22/9/2020).

Menurut Terkelin, uang pecahan baru tersebut dapat menjadi pengingat dan kebanggaan masyarakat Indonesia, dalam memperingati HUT ke 75 Kemerdekaan Indonesia Agustus 2020 yang lalu.

“Tapi sayang. Uang pecahan Rp75.000 tersebut belum beredar secara global. Dan masih dibagikan secara terbatas,” ujar Terkelin. Bupati mangatakan itu saat menerima satu lembar saja uang pecahan Rp 75.000 dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut Wiwiek Sisto Widayat.

Lebih lanjut kata Terkelin, edisi uang baru tersebut menjadi harapan sebagai pengingat Kemerdekaan RI yang sudah berumur 75 tahun. Dan hanya dicetak sekali, belum dapat diedarkan secara maksimal.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut Wiwiek Sisto Widayat, mengatakan peluncuran uang pecahan Rp 75.000 masih secara terbatas dengan beberapa kepala daerah se-Sumatera Utara.

Namun demikian, ia mengaku mulai hari ini, uang pecahan baru itu sudah bisa dipesan melalui aplikasi daring milik Bank Indonesia. Caranya, dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Menurutnya, uang pecahan baru tersebut memiliki gambar Satelit Palapa yang memiliki makna bahwa Bangsa Indonesia harus optimis. Selain itu, satelit juga menggambarkan Indonesia sudah memasuki masa digitalisasi di setiap lini, khususnya perekonomian.

Selain itu, pada uang pecahan baru tersebut terdapat gambar anak-anak yang mengenakan pakaian adat. Hal ini menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman dan tetap rukun. Pada sisi lain, terdapat juga gambar kedua proklamator Soekarno dan Hatta. Ini merupakan penghormatan kepada kedua proklamator tersebut, kemudian terdapat gambar hasil capaian Indonesia, khususnya bidang infrastruktur. (Jai)