Waspada di Sumut! Akibat Kecelakaan 4 Orang Meninggal Perhari

JELAJAHNEWS.ID – Tahun 2022 angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas di Provinsi Sumut total mencapai 70,53 Persen yang melibatkan pengendara Sepeda Motor.

Adapun jumlah kecelakaan sebanyak 11.159 kasus, dimana 7.871 atau 70,53% kasus diantaranya melibatkan sepeda motor, dengan jumlah korban meninggal dunia 1.607 (setara 4-5 orang meninggal per hari).

“Sementara di Indonesia rata-rata per tahun mencapai 28 ribu jiwa (setara 3-4 orang meninggal per jam), dengan total kerugian mencapai 17,3 M rupiah,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provsu, Dr. Agustinus Panjaitan, S.SiT, MT, saat kegiatan Pekan Keselamatan Jalan, di Hotel Santika Medan, Rabu (9/5/2023).

Acara Pekan Keselamatan Jalan tersebut dihadiri oleh 400 pengemudi ojek online (OJOL) dari 2 perusahaan aplikator transportasi online yakni Grab dan Gojek, dengan narasumber berasal dari Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara dan perwakilan dari Management Grab dan Gojek.

Dalam kesempatan tersebut Dinas Perhubungan Provsu juga menyerahkan Helm standar kepada 400 pengemudi OJOL peserta sosialisasi.

Pekan Keselamatan Jalan ini nantinya, akan dilakukan secara berkala ditingkat Kabupaten/Kota melalui UPTD Dinas Perhubungan Provsu dan pemangku kepentingan terkait yakni unsur Satlantas Polres setempat, Dinas Perhubungan Kab/Kota dan PT. Jasa Raharja, dengan target peserta siswa sekolah SMA dan yang sederajat.

“Keselamatan jalan adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya Pemerintah, untuk itu semua pihak harus berkomitmen mendukung langkah pencegahan kecelakaan lalu lintas, salah satunya melalui budaya tertib berlalu lintas di jalan,” tutup Agustinus.(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *