oleh

Waspada! Dampak Negatif Gunakan Medsos Jika Tidak Bijak

JELAJAHNEWS.ID – Media sosial (Medsos) dapat memberikan ruang kepada siapa saja untuk berekspresi, berbagi cerita, maupun berkomunikasi tanpa terbatas jarak dan waktu. Media sosial juga memiliki dampak negatif pada kehidupan sehari-hari.

Di balik manfaatnya, siapa sangka dampak negatif media sosial pun mengintai, bahkan terkadang sering diabaikan atau tidak disadari. Tak main-main, penyalahgunaan media sosial bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental.

Di media sosial pengguna juga dapat membuat, berbagi, dan bertukar informasi dan ide dalam komunitas maupun jaringan virtual. Media sosial saat ini menjadi media komunikasi, kreativitas, hingga sarana alat bisnis yang luar biasa. Pasalnya tak hanya dampak positif yang ditimbulkannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut dampak buruk media sosial bagi kehidupan sehari-hari.

1.Kesehatan fisik

Terlalu lama memandang HP dan perangkat eloktronik tentu akan mempengaruhi kesehatan fisik. Menatap HP terlalu lama akan mengganggu kesehatan seperti mata kering, mual, pusing, hingga miopi. Tak hanya itu hal lain yang terjadi adalah mempengaruhi pegal hingga sakit leher.

2.Kesehatan mental

Munculnya berbagai konten di media sosial secara tak sadar terkadang membuat kamu merasakan perbandingan sosial. Media sosial dapat membangkitkan perasaaan iri yang mengarah pada depresi dan kecemasan pada individu. Hal ini juga berpotensi menyebabkan penurunan kesejahteraan psikologis.

3.Menurunnya kualitas kehidupan

Banyak bermunculan beragam media sosial membuat kamu sebagai pengguna saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya pada perangkat elektronik. Kamu cenderung terpaku pada beragam konten yang bertebaran di media sosial. Akibatnya media sosial menjadi adiktif. Semakin banyak kamu menghabiskan waktu di media sosial, semakin besar kemungkinan mengalami penurunan kualitas dalam hubungan pribadi dengan orang terdekat. Hal ini juga diperparah dengan beragam konten yang secara tidak langsung dapat menimbulkan perbandingan sosial yang memicu depresi hingga frustasi.

4.Keamanan data

Munculnya beragam media sosial membuat kamu kini tak hanya memiliki satu akun media sosial. Hal ini yang membuat pengguna semakin mudah menyebarkan data pribadi yang berpeluang menimbulkan kejahatan siber. Salah satunya pencurian data pribadi hingga berkurangnya privasi pengguna.

5. Potensi terjadinya cyberbullying

Tidak disangka media sosial yang tidak kamu gunakan dengan bijak dapat menimbulkan kejahatan tersendiri. Salah satunya terjadi cyberbullying yang marak terjadi di lingkungan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Informasi diatas adalah beberapa dampak negatif media sosial di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu para pengguna diharapkan dapat memanfaatkan beragam media sosial dengan baik dan bijak agar meminimalisir paparan efek negatif media sosial.

6. Mudahnya terpapar hoax

Hoax salah satu masalah yang masih saja sulit dibendung. Semakin maraknya media sosial dan masifnya penyebaran berita membuat pengguna kurang teliti dalam menerima dan mengolah berita yang diterima. mengakibatkan berita hoax cepat tersebar dan bisa jadi dapat menimbulkan kejadian yang fatal. Contoh saja informasi lowongan kerja yang kurang akurat dan justru menimbulkan penipuan.

(sid/jn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *