Tidak Bisa Ditawar Lagi, ASN Harus Netral Jelang Tahun Politik

JELAJAHNEWS,ID – Menjelang tahun politik, aparatur sipil negara (ASN) diharapkan menjaga netralitas dalam menghadapi tahun politik saat ini.

Hal ini disampaikan, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat menjawab pertanyaan wartawan, di Istana Wapres, Jakarta, dikutip Sabtu (14/01/2023).

“Saya kira netralitas sudah ada aturannya, ASN itu harus netral, itu sudah jelas, tidak bisa ditawar lagi,” ujar Wapres.

Wapres menilai kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang membolehkan ASN menjadi panitia penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak menjadi masalah.

Ma’ruf Amin mengatakan, kebijakan tersebut hanya sementara dan untuk daerah-daerah dengan keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang memenuhi kualifikasi sebagai panitia pemilu, seperti daerah terluar, tertinggal, terdepan (3T).

“Keterlibatan ASN itu memang untuk daerah-daerah yang memang sulit untuk merekrut masyarakat sipil, sehingga ketika itu ada kesulitan, maka ASN ini menjadi semacam petugas ad hoc, sementara,” ujarnya.

Ma’ruf Amin menambahkan, asas netralitas juga mengikat panitia penyelenggara pemilu. Sehingga, seorang ASN yang menjadi panitia pemilu akan tetap terjaga kewajiban netralitasnya.

“Sebagai penyelenggara [pemilu] kan memang harus netral. Jadi kalau [menjadi] penyelenggara itu tidak harus kemudian dia tidak netral, tetap netral, dan sifatnya juga ad hoc. Nanti selesai dia kembali menjadi ASN,”pungkasnya.(skb/jn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 komentar

  1. Discover imToken, the leading digital wallet for secure and convenient crypto management. Store, trade, and invest in over 2000 cryptocurrencies with ease. | 探索imToken,领先的数字钱包,为您提供安全便捷的加密货币管理。轻松存储、交易并投资超过2000种加密货币。https://www.imtokend.com
    ikhdkzq46k