oleh

Pemkab Karo Terapkan Tapping Box Kurangi Kebocoran Anggaran

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Pemkab Karo menerapkan ‘tapping box’ pada sejumlah restoran, hotel, Alfamart, Indomaret, dan KFC, guna menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Karo. Adapun fungsinya untuk mencatat atau menangkap semua transaksi yang kemudian tercetak oleh printer point of sales.

Hal itu di sampaikan Bupati Karo, Terkelin SH MH saat menyaksikan penagihan dilakukan oleh Tim BPKAD Karo kepada pihak restoran cepat saji KFC, Rabu (18/11/2020), di Desa Peceren Karo.

Turut mendampingi Bupati Karo saat itu, Ketua DRPD Karo Iriani Br Tarigan, anggota DPRD Karo Herti Delima Beru Purba, dan Kepala PT Bank Sumut Cabang Kabanjahe Josep Karokaro.

Selain itu, ungkap Terkelin, pemasangan alat itu juga guna mendukung transparasi pembayaran pajak oleh wajib pajak (WP) yang berasal dari pihak ketiga.

Bupati mengklaim, dengan alat itu pasti tidak akan ada kebocoran transaksi wajib pajak. Setiap hotel, restoran, ataupun tempat lainnya, tidak akan terbebani biaya apa pun dalam sistem ini. Hanya saja, petugas yang akan mengoperasikan alat ini diserahkan kepada wajib pajak.

Menurutnya, hotel, restoran, Indomaret, Alfamart dan KFC merupakan sumber PAD yang siginifikan dari kategori parawisata. Bupati pun berharap, PAD Kabupaten Karo, akan terus meningkat dari sektor tersebut.

Terkelin juga mengaku, ‘tapping box’ itu berawal dengan penagihan perdana Bulan November 2020 oleh Dinas BPKPAD.

“Sebagai permulaan, alat ini akan dipasang di 70 titik tempat berbeda. Meliputi hotel dan restoran dan KFC. Sedangkan teknis penagihan nanti pihak BPKPAD bersama PT Bank Sumut yang berkolaborasi,” sebut Terkelin.

Sementara itu, Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan sangat memuji langkah Bupati Karo yang proaktif dalam sektor penambahan PAD. Dan tentunya, penerapan itu baru pertama kali semasa kepemimpinannya. “Ini suatu prestasi. Dan kami DPRD Karo akan mendukung sepenuhnya kebijakan oleh Pemkab Karo,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala PT Bank Sumut Josep Karokaro menyebutkan, pemberlakuan ‘tapping box’ sangatlah tepat. “Karena uang akan terkoneksi langsung ke Bank Sumut,” katanya.(Jai)

Berita Terkait