oleh

Ini 4 Kuliner Khas dari Kota Siantar

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Meski gak diminta, selepas kita berpergian ke luar daerah tentu ada perasaan untuk berbagi orang-orang tersayang yang kita tinggalkan. Dan pengalaman itu bentuknya pun macem macem, bisa berupa cerita, foto, cendramata, maupun makanan.

Perjalanan ke suatu daerah akan semakin lengkap kalau kita sertakan dengan jelajah kulinernya. Apalagi makanan yang menjadi ciri khas daerah tersebut rasanya juga harus kita cicipi. Seperti halnya saat kita berkunjung ke Kota Pematang Siantar.

  1. Mie Gomak

Adapun kuliner yang paling tersohor dari Kota Pematang Siantar ialah mi gomak. Dengan berbahan dasar dari mie lidi yang dilunakkan dengan direbus, kemudian dibumbui dengan rempah-rempah sederhana, rasa mie gomak pun akan semakin sempurna di lidah apabila dicampurkan dengan sambal ataupun bumbu pecal.

  1. Roti Ganda

Selain mi gomak, siantar juga terkenal dengan roti bantal (tawar) plus srikaya yang rasanya sudah tak diragukan lagi. Roti apa sih itu? Ya benar, itu adalah Roti Ganda. Roti ini sudah sangat melegenda dari dahulu sampai sekarang, bahkan tokonya juga belum berubah. Sebuah bangunan di deretan ruko di Jalan Sutomo Pematang Siantar. Hanya saja, sekarang sudah banyak cabang atau lebih tepatnya reseller mungkin.

Kalai dari kata orang-orang, yang paling bikin candu dari roti ganda ini adalah selai srikayanya. Meski banyak yang menjual roti dengan selai serupa, tapi rasanya gak ada yang bisa menandingi kelezatan dan kelembutan roti produksi toko ganda Siantar ini.

Dan setiap pembeli juga bisa memilih isi untuk si roti bantal tadi dengan dua pilihan. Srikaya atau krim dengan campuran meses. Walau banyak yang suka selai srikaya, tapi sedikit juga orang yang menyukai roti denga isi krim dan meses. Sehingga Toko Roti Ganda ini selalu ramai oleh pengunjung. Jangankan weekend, bahkan weekday pun gak pernah gak antri saat kita ingin membeli Roti Ganda.

  1. Roket (Roti Ketawa)

 Roket merupakan akronim dari roti ketawa. Kenapa dinamakan Roti Ketawa? Hal itu dikarenakan, setelah roti ini digoreng, adoannya pun akan pecah-pecah dan membelah seperti orang tertawa. Itulah yang membuat roti ini dinamakan Roti Ketawa.

Untuk tampilannya sendiri, Roket hampir tak jauh beda dari onde-onde. Karna dibagian luarnya diberi taburan wijen. Hanya saja Roket bentuknya lebih keras, namun masih tetap gurih dan renyah.

Banyak gerai yang menjual roket di berbagai sudut kota Siantar. Sebagian ada yang menjual dengan pilihan rasa original dan ada juga rasa pandan. Ada roti ketawa dengan bulatan besar dan juga kecil.

  1. Ting-Ting/Teng Teng

Kalau ini dari namanya, makanan ini gak ada nyambungnya dengan bentuk dan rasa. Bahkan, makanan ini juga memiliki macem-macem jenis walau berbahan dasar yang sama. Makanan ini dibuat dari kacang tanah yang ditumbuk sampai hampir halus lalu dicampur dengan gula cair (karamel) sampe teksturnya padat dan bisa dibentuk atau dipotong.

Untuk memperbanyak pilihan, sebagian ada yang ditaburin wijen. Ada yang digigit langsung gembur, ada juga yang keras dan renyah, tergantung campuran dalam adonannya. Dari berbagai macam jenis tersebut, maka makanan inipun diberi nama yang berbeda-beda pula. Ada Ting-ting, Teng-teng, Pang-pang, Ping-ping, dan Ak-am. (net)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

News Feed