Geruduk DPR, Ratusan Warga Sunda Tuntut Arteria Dahlan Dipecat

JELAJAHNEWS.ID – Ratusan warga yang tergabung dalam Masyarakat Penutur Bahasa Sunda menuntut pemecatan politikus PDIP, Arteria Dahlan saat menggelar unjuk rasa di depan kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Aksi tersebut digelar, buntut pernyataan Arteria Dahlan yang dinilai menyinggung warga Sunda.
Massa tersebut meminta dan akan memperjuangkan sampai Arteria Dahlan dipecat dari anggota DPR RI.

Selain menuntut pencopotan atau pergantian antar waktu (PAW) terhadap Arteria, massa tersebut juga telah melaporkan Arteria ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) buntut pernyataannya.

Massa mengaku menyesalkan sikap PDIP yang tidak melanjutkan pernyataan Arteria ke Mahkamah Partai. Dikabarkan Mahkamah PDIP telah menolak massa yang ingin melaporkan Arteria.

Aksi serupa yang menuntut pemecatan Arteria sebelumnya juga dilakukan sejumlah ormas di Karawang, Jawa Barat. Mereka menyebut pemecatan Arteria buntut pernyataannya dalam rapat Komisi III DPR pada Senin (17/1) lalu agar Jaksa Agung memecat oknum kepala Kejati yang pakai bahasa Sunda di rapat.

Pernyataan itu menuai gelombang protes terutama dari warga Jawa Barat. PDIP telah memanggil Arteria untuk dimintai klarifikasi dan telah menjatuhi sanksi peringatan.(JN/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *