Ephorus HKBP Lantik Rektor UHN Medan dan Pematangsiantar

JELAJAHNEWS.IDEphorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar melantik Dr. Richard Napitupulu, ST, MT sebagai Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan  (UHN Medan) dan Dr. Muktar Panjaitan, S.Si, M.Pd sebagai Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar  (UHNP) untuk masa bakti 2023-2027, di Gereja HKBP Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu  (5/04/2023). Pelantikan dilakukan usai acara ibadah yang sakral di Gereja HKBP Sudirman.

Sebelum acara seremonial pelantikan dilakukan terlebih dahulu dibuka dengan acara kebaktian dan dipimpin oleh pengkotbah Pdt. Daniel Harahap, M.Th selaku Kepala Departemen Marturia HKBP yang mengambil kotbah dari Roma 12: 2.

Dalam kotbahnya Pdt. Daniel Harahap mengatakan saatnya dalam hidup ini kita mulai dari hal –hal kecil dengan baik dan benar. Pdt. Daniel  Harahap sangat tegas mengatakan jika kita dipercaya pada hal –hal kecil, maka kita  akan dipercaya pada hal –hal besar.

“Untuk itu, mulailah dari hal kecil seperti kebaikan dalam membangun UHN Medan,” tegas Pdt. Daniel Harahap.

Pdt. Daniel Harahap juga mengharapkan agar semua dosen, tenaga kependidikan di UHN dan SDM lainnya untuk memberikan persembahan kepada Tuhan melalui kinerja masing masing dosen dan pegawai di UHN.

“Apakah persembahan akedemik, persembahan nilai –nilai karakter Kristiani, bagi UHN Medan sehingga misi Pro deo Et Patria bisa terwujud dengan baik,” ucap Pdt. Daniel Harahap sambil mengharapkan kedua Rektor  bisa merangkul semuanya untuk pengembangan UHN Medan dan UHN Pematangsiantar.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi peran keilmuan dari Universitas HKBP Nommensen (UHN) yang telah banyak memberikan bantuan berupa pemikiran yang diperlukan untuk membantu jalannya pemerintahan di provinsi ini.

Kepada Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Gubernur mengakui bahwa kebersamaan dengan UHN  begitu baik dan mesra. Mengingat adanya gagasan bersama yang telah dibahas dan direncanakan, untuk memajukan provinsi, serta memikirkan kepentingan masyarakat.

“Yang pasti saya berharap komunikasi dan koordinasi, lembaga pendidikan dengan pemeritnah harus harmonis dalam perspektif yang positif pastinya,” sebut Edy.

Saat ini, lanjut Edy, sumber daya manusia (SDM) menjadi kebutuhan sangat penting dalam membangun bangsa. Khususnya mereka yang memiliki kemampuan akademik atau yang kualitas SDM-nya unggul.

“Kami sangat berharap kepada Universitas HKBP Nommensen terus mengadakan kegiatan yang berarti. Karena Sumut punya 33 kabupaten/kota, provinsi yang besar, kaya, diberkati dan surga kecil ada di sini,” jelasnya.

Edy juga mengakui demografi otak orang Batak diberikan karunia oleh Tuhan untuk jadi pintar dan itu sangat disyukurii.

Ketua Yayasan UHN Medan dan UHN Pematangsiantar Dr. Ir. Budi Situmorang, MURP dalam  sambutannya juga mengatakan bahwa kedepan tantangan yang dihadapi makin berat dimana arus perubahan makin besar dan kita harus merespon (responsif) perubahan itu.

“Saatnya kita untuk membangun kolaborasi, komitmen, dan sistem informasi untuk menghadapi perubahan yang makin besar dan saya sangat yakin Rektor UHN Medan dan Rektor UHN Pematangsiantar ini bisa membawa  kampus ini ke arah yang lebih baik untuk merespon perubahan besar itu,” kata Dr. Budi Situmorang lagi.

Budi Situmorang juga menegaskan bahwa kedalaman calon Rektor ini sudah teruji dan terukur  mulai dari UKK, Pemilihan  di senat dan juga wawancara khusus dengan para pembina, artinya semua proses berjalan dengan baik dan benar.

Budi Situmorang pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada Rektor Mantan Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH atas dedikasinya selama empat tahun ini dan juga kepada Mantan Rektor UHN Pematang Siantar Prof. Dr. Sanggam Siahaan atas dedikasinya selama empat tahun ini juga.

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Richard Napitupulu, ST, MT dalam sambutannya mengatakan akan memprioritaskan Akreditasi Institusi yang unggul dan kedepan peningkatan Akreditasi Prodi akan kita dorong untuk lebih baik.

“Kita akan mengedepankan tata kelola yang baik sehingga inovasi dan kreativitas bisa kita pacu. Terima kasih kepada semua yang telah mendukung kami untuk memimpin UHN Medan ini dan mari bekejasama untuk membangun kampus UHN Medan ini,” ujar Dr. Richard.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Dr. Muktar Panjaitan, M.Pd  bahwa sebagai Rektor UHN Pematangsiantar mengungkapkan akan responsif dengan  perubahan yang terjadi.

“Kerjasama dan kolaborasi akan kita tingkatkan bagaimana agar UHN Pematangsiantar bisa lebih baik kedepan,” tandas Dr. Muktar Panjaitan.

Selanjutnya,Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menuturkan bahwa UHN Medan harus berperan aktif dalam desain dan tujuan negara seperti Indonesia maju dan Indonesia emas.

“Kita harus mengambil bagian dari partisiapsi ini,” tegas Ephorus HKBP.

Menurut Ephorus bahwa keterbatasan mahasiswa yang diterima di PTN tidak harus membuat anak –anak muda putus kuliah, mengingat pendidikan adalah hak asasi.

“Mari kita dorong mereka kuliah di UHN Medan dan  kita  harus membenahi kampus UHN ini dengan baik, khususnya lagi peningkatan akreditasi,” harap Ephorus kepada Rektor UHN Medan dan UHN Pematangsiantar.

Turut hadir, Ketua Pengawas Anton Sihombing, ibu Devi Simatupang Ny. Jenderal (Purn) Luhut B. Panjaitan Menkomarvest RI, Perwakilan Pangdam I BB Brigjen TNI David Hutagaol, Sekjen HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan, Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Kepartemen Departemen Diakonia Pdt. Debora Purida Sinaga, M.Th, Preases HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt. Henri Napitupulu, M.Th. Sementara anggota yayasan yang hadir  Dr. RE Nainggolan, MM, Dr. Janter Napitupulu, Jadi Pane, S.Pd, MM, Anton Panggabean, SE, M.Si, Manohom Aritonang, SE, Prof. Dr. Bilter Sirait, Prof. Dr. Jon Piter Sinaga, Prof. Dr. Ramlan Silaban, Dr. Chandra Situmeang, SE, MSM,. Hadir juga para Mantan Rektor UHN Medan Seperti Ir. B. Ricson Siarmata, MSEE, IPM, Ir. Patar M. Pasaribu, Dipl. Trop, Dr. Ir. Jongkers Tampubolon, MSc, dan para tamu undangan yang lainnya. (jn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 komentar