Berikut Tips Belanja Online Aman Versi Tokopedia

JELAJAHNEWS.IDLaporan e-Conomy SEA 2022 menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan layanan digital menjadi prioritas utama. Di Tokopedia, antusiasme masyarakat untuk berbelanja online dengan aman terlihat dari adanya peningkatan terhadap berbagai produk asuransi yang terus meningkat.

Tokopedia mencatat bahwa terjadi peningkatan transaksi yang menggunakan berbagai produk asuransi dengan rata-rata kenaikan hingga lebih dari 1,5 kali lipat sepanjang semester 1 2023 dibandingkan semester 1 2022. Beberapa produk asuransi yang paling diminati adalah Proteksi Layar Retak, Proteksi Furniture, serta Proteksi Kerusakan Total.

Vira Widiyasari, selaku SVP of Fintech and Payment Tokopedia mengatakan, “Tokopedia berharap dapat terus berkontribusi pada peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, terlihat dari adanya peningkatan penggunaan berbagai produk asuransi secara signifikan. Melalui keberagaman pilihan produk asuransi, kini masyarakat dapat bertransaksi lebih nyaman dan aman,” jelas Vira.

Tips Belanja Aman dengan Berbagai Proteksi Asuransi Tokopedia

Tokopedia menghadirkan beragam layanan produk asuransi yang dapat dimanfaatkan para pembeli saat bertransaksi lewat Tokopedia, di antaranya Proteksi Produk, Proteksi Kecantikan, Proteksi Perjalanan hingga Proteksi Produk Digital.

“Berbagai produk asuransi Tokopedia memiliki proses pembelian yang mudah serta proses klaim nya pun praktis. Sehingga, ketika membeli produk elektronik, gadget, kecantikan, travel, pembayaran tagihan, dan otomotif lewat aplikasi Tokopedia, masyarakat dapat merasakan pengalaman berbelanja dengan nyaman dan aman dengan adanya layanan produk asuransi yang tersedia,” jelas Vira.

Tokopedia pun membagikan beberapa tips untuk mendapatkan proteksi maksimal ketika bertransaksi online.

1. Perlindungan Ekstra untuk Pembelian Barang Elektronik hingga Rumah Tangga

Risiko yang mungkin terjadi ketika membeli kategori produk gadget, elektronik, dan furnitur adalah rusak hingga terkena cairan dikarenakan kejadian tidak terduga. Karenanya saat membeli produk-produk tersebut, pastikan untuk selalu mengaktifkan Proteksi Produk yang akan memberi perlindungan pada barang yang telah dibeli. Misalnya, pembeli membeli ponsel canggih dengan mengaktifkan Proteksi Gadget Tokopedia yang akan terlindungi  selama 12 bulan pada saat barang telah diterima oleh pembeli.

Proteksi Produk yang dihadirkan Tokopedia meliputi Proteksi Elektronik, Proteksi Gadget, Layar Retak, Proteksi Gadget Ekstra, Proteksi Kerusakan Total, Proteksi Travel Hobi, Proteksi Otomotif, Kendaraan, Proteksi Furniture dan Proteksi Ibu Anak (khusus untuk klaim ganti rugi produk kategori keperluan Ibu dan Anak).

2. Atasi Efek Samping Kulit dengan Proteksi Kecantikan

Sedangkan risiko membeli produk kecantikan yang dapat dialami pembeli adalah munculnya gejala efek samping seperti alergi, kemerahan, atau breakout. Untuk melindungi diri dari efek samping penggunaan kosmetik dan perawatan kulit, pastikan sesuai dengan jenis kulit.

“Demi melindungi konsumen, kami juga menghadirkan Proteksi Kecantikan untuk pembelian produk kategori Kecantikan bagi pengguna Tokopedia. Pembeli akan mendapatkan ganti rugi jika mengalami ketidakcocokan hingga menyebabkan alergi akibat penggunaan produk yang telah dibeli. Khusus kategori Kecantikan dan Makanan, proteksi akan aktif selama 30 hari sejak barang diterima,” terang Vira.

3. Perjalanan 24 Jam Penuh Lebih Aman dengan Proteksi Ekstra

Ketika melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat atau udara, biasanya asuransi perjalanan dapat dibeli secara bersamaan saat pembelian tiket. Asuransi tersebut untuk memberikan perlindungan dari kejadian-kejadian yang tak terduga, seperti kecelakaan dan ketidaknyamanan selama perjalanan.

Sebagai platform belanja online, Tokopedia juga dapat digunakan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat dan kereta dengan beragam pilihan kelas hingga jam keberangkatan. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan perlindungan ekstra, Tokopedia menghadirkan fitur Proteksi Penerbangan yang berguna untuk melindungi penumpang dari kecelakaan diri, keterlambatan penerbangan, pembatalan penerbangan oleh penumpang, dan keterlambatan bagasi.

“Tokopedia juga menghadirkan Proteksi Perjalanan Kereta yang dapat digunakan penumpang kereta api. Proteksi tersebut memberikan perlindungan penumpang untuk hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan diri, pembatalan perjalanan oleh penumpang hingga kehilangan barang,” tutur Vira.

4. Bayar Angsuran Lebih Praktis dan Aman

Untuk menyesuaikan kemampuan finansial, membeli produk atau membayar rumah dengan sistem cicilan jadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Namun, jika dirasa tenor yang dipilih cukup panjang, pengguna Tokopedia dapat memanfaatkan Proteksi Angsuran Kredit dan Proteksi Tagihan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan diri.

Manfaat dari layanan proteksi Angsuran Kredit adalah cicilan akan dibayarkan oleh Asuransi ketika insiden seperti meninggal dunia, cacat tetap akibat kecelakaan, terdiagnosa penyakit kritis terjadi saat angsuran masih berjalan. Cara proses klaim pun cukup mudah, melalui aplikasi Tokopedia, keluarga terdekat dapat mengajukan klaim paling lambat 30 hari sejak tanggal insiden terjadi.

Sedangkan pada layanan Proteksi Tagihan, Tokopedia menyuguhkan keuntungan kepada pembeli berupa kompensasi atas kendala yang terjadi (seperti mengalami pemadaman layanan) jika pembeli telah melakukan beberapa macam pembayaran berikut; listrik (PLN), internet dan TV kabel, gas, hingga PDAM.

“Selama 14 tahun berdiri, Tokopedia terus berinovasi untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dan memberikan pengalaman berbelanja online lebih nyaman dan aman dengan menghadirkan berbagai produk asuransi melalui kolaborasi bersama mitra strategis. Untuk mengaktifkan layanan produk asuransi ketika bertransaksi, pengguna dapat mencentang atau aktifkan ‘Proteksi Produk’ pada saat bertransaksi,” tutup Vira.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

100 komentar

  1. Fantastic goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just too great. I really like what you have acquired here, really like what you’re stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it smart. I can not wait to read far more from you. This is actually a great website.