Bendungan Lolak Ditargetkan Selesai 2023

JELAJAHNEWS.IDPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/01/2023).

Presiden mengungkapkan bahwa pemerintah juga tengah membangun Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini,

“Nanti bulan Maret atau April akan selesai lagi satu bendungan, yaitu Bendungan Lolak,” ujar Presiden kepada para jurnalis.

Presiden menambahkan, keberadaan bendungan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, mulai dari irigasi, pembangkit listrik, mereduksi banjir, hingga menambah pasokan air baku.

“Semakin banyak bendungan semakin baik, karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya,” ujarnya.

Terkait Bendungan Kuwil yang baru diresmikan, Presiden menyampaikan bahwa keberadaan bendungan ini dapat mereduksi banjir sehingga banjir besar yang terjadi di Kota Manado pada 2014 silam tidak terulang kembali.

“Ini bendungan Kuwil Kawangkoan kita harapkan bisa menghilangkan mengurangi banjir utamanya yang ada di Manado, yang kita pernah kejadian di tahun 2014,” ujar Presiden.

Selain mereduksi banjir, lanjut Presiden, Bendungan Kuwil juga akan menambah pasokan air baku bagi Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara.

“Yang kedua, juga untuk persediaan air baku bagi Manado, Minahasa Utara dan juga Bitung,” ucapnya.

Bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro serta untuk mengairi sawah-sawah yang ada di sekitar bendungan.

“Ini juga sebagai pembangkit listrik mikrohidro. Saya kira fungsi itu juga sangat baik bisa menghasilkan energi hijau dari Waduk Kuwil Kawangkoan. Dan yang keempat, juga bisa dipakai untuk mengairi sawah-sawah yang ada di sini,” tandasnya.(skb/jn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *