Ramah Tamah dengan Insan Pers, Edy: “Kenapa Corona Ini Betah Kali Sama Kita”

MEDANGubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi mengatakan bahwa hingga saat ini virus corona (Covid-19) belum berangkat dari provinsi ini.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh elemen mulai dari pemerintah, swasta, dan masyarakat harus bersama-sama untuk mencegah penyebaran dari covid-19. Sebagaimana hal itu diungkapkannya saat melakukan ramah tamah dengan insan pers di lingkungan Kantor Gubernur, Selasa (30/6/2020). Dikatakannya bahwa corona sudah sekitar lima bulan di Indonesia, khusus untuk Sumut sudah tiga bulan.

“Namun belum ada tanda-tanda corona ini meninggalkan tempat. Saya berpikir, kenapa Corona ini betah kali sama kita. Corona ini seperti ‘jelangkung’, tidak kita undang datang dan pergi pun tidak kita antar,” sebutnya.

“Namun, kenapa ini tidak pergi juga? Untuk itulah, kita semuanya harus bersama sama mencegah penyebarannya. Caranya, terapkan protokol kesehatan, pakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir,” ucapnya menambahkan.

Ia pun memperhatikan, bagaimana perkembangan penyebaran Covid 18 di Sumatera Utara. Disebutkannya bahwa virus ini datangnya dari tuhan, dan tuhan akan membawanya pergi. Namun, dirinya juga belum mengetahui secara pasti kapan wabah ini akan pergi.

“Corona ini mahluk tuhan yang sebenarnya menyengsarakan umat yang lain. Kita sama-sama mahluk tuhan. Tuhan yang menciptakan corona, tuhan yang menciptakan kita. Tapi kita telah lelah menghadapi Corona ini. Semoga yang kita sependapat, semoga Corona ini segera berakhir. Sambil menunggu itu, kita semua harus menerapkan protokol kesehatan,” jelas Edy.

Edy kemudian mengatakan bahwa saat ini kita sedang memasuki masa transisi. Bahkan pihaknya juga telah mengirimkan draf new normal ke Jakarta. Dan dalam waktu dekat, jelasnya, penerapannya akan diberlakukan di seluruh Sumatera Utara.

“Seluruh pakar sudah saya ajak duduk disini (Posko GTPP Covid-19 Sumut). Mulai dari pakar ekonomi, budaya, kesehatan, psikologi, semua kita harapkan masukannya termasuk juga insan pers. Setelah kita (Pemprovsu) menerapkan new normal, saya harap masyarakat bisa untuk mematuhinya. Mari kita sama-sama mencegah penyebaran Covid-19 ini,” ungkap Edy seraya mengajak insan pers agar turut andil menyampaikan informasi dan juga sosialisasi yang dilakukan oleh Pemprovsu. (IP)