Ingin Liburan Murah, Coba Gunakan Kereta Api Sebagai Transportasi

JAKARTALiburan selalu menjadi kegiatan menyenangkan, terutama bagi kita yang setengah penat menjalani rutinitas kerja sehari-hari.

Ketika jiwa berwisata menggelora, tak ada salahnya mengambil cuti selama beberapa hari untuk menikmati liburan singkat. Dan liburan ala backpacker pun dapat menjadi pilihan kita yang ingin merasakan serunya berlibur dengan bujet hemat.

Salah satu alat transportasi ideal yang banyak digunakan backpacker adalah kereta api. Dimana kita bisa memperoleh tiket kereta api murah dengan berbagai macam cara. Selain itu, dengan menggunakan kereta api, kita juga bisa menikmati panorama alam sepanjang perjalanan. Sehingga kita lupa akan penat selama perjalanan yang kita lalui dengan kereta api.

Berikut kita ulas beberapa tips untuk meraih harga tiket kereta api yang lebih murah saat akan berwisata.

1. Tentukan Waktu Keberangkatan

Untuk mendapatkan tiket kereta murah, salah satu hal penting yang wajib Anda perhitungkan adalah waktu keberangkatan. Waktu liburan panjang adalah saat yang kurang tepat untuk memesan tiket perjalanan dengan menggunakan kereta api.

Pasalnya, harga tiket kereta api dijamin akan melambung tinggi. Maka dari itu, kita juga harus berlomba-lomba dengan ratusan keluarga yang ingin berwisata dengan menggunakan kereta api. Potensi kehabisan tiket pun tinggi, sehingga kita terpaksa harus memasang strategi agar dapat memperoleh tiket ke tujuan wisata.

Sebaliknya, waktu sempurna untuk memesan tiket kereta adalah saat low season. Pada low season, jumlah wisatawan yang bepergian pun menurun cukup drastis. Sehingga harga tiket kereta api dijamin jauh lebih murah.

Dan selama low season, PT KAI juga kerap mengadakan berbagai promo dengan harga tiket lebih murah. Sehingga, kesempatan kita untuk mendapatkan tiket kereta murah semakin terbuka lebar.

2. Booking Tiket Jauh-jauh Hari

Ada kalanya kita ingin pergi berlibur di saat peak season, seperti menikmati festival di satu kota. Seperti diulas sebelumnya, berwisata selama musim liburan seringkali membuat kita kehabisan tiket karena harus berebut dengan ratusan masyarakat Indonesia lainnya.

Namun ada satu cara untuk mengakali hal tersebut, yakni melakukan reservasi jauh hari sebelum keberangkatan. Reservasi tersebut bisa dilakukan paling tidak beberapa bulan hingga 2 minggu sebelum jadwal keberangkatan.

Dengan demikian, kita dapat menunggu waktu keberangkatan dengan nyaman. Tak hanya itu, dengan cara ini Anda juga bisa menghindari harga tiket kereta api yang mahal.

3. Beli Tiket Kereta Api di Situs Booking Online

Trik lain untuk mendapatkan tiket kereta api murah meriah adalah membelinya melalui situs booking online. Beberapa situs e-commerce kerap menawarkan berbagai promo tiket kereta api atau pesawat. Membeli tiket kereta api secara online sangatlah praktis dan cocok untuk kita yang memiliki kesibukan kerja padat.

Untuk mendapat harga terbaik, jangan lupa melakukan perbandingan harga dari satu penawaran di beberapa situs e-commerce. Tentunya, kita juga perlu berhati-hati dan melakukan transaksi dengan situs e-commerce yang sudah terpercaya.

4. Manfaatkan Jasa Travel

Cara mudah lainnya adalah memanfaatkan jasa agen travel. Dengan bantuan agen travel, kita tak perlu lagi bersusah-susah mencari harga tiket yang murah. Sebab mereka akan membantu kita menemukan penawaran harga tiket kereta api yang termurah.

Namun, kita juga harus memastikan bahwa agen perjalanan tersebut memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Sebab, ntuk melakukan pembelian, beberapa agen travel memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Bahkan beberapa agen mungkin akan meminta kita untuk datang langsung ke kantornya untuk melakukan pembelian. Namun ada juga agen travel yang menawarkan pembelian tiket kereta api secara online.

5. Pilih Kereta Api Ekonomi

Kelas ekonomi memang menyandang peringkat yang cukup buruk dan identik dengan ketidaknyamanan. Namun itu dulu, karena sekarang ini, kita tidak lagi perlu gengsi untuk memesan tiket kereta api kelas Ekonomi.

Karena kelas Ekonomi saat ini menawarkan kenyamanan yang kurang lebih sama dengan kelas Bisnis dengan harga yang lebih murah. Sehingga kita tak perlu lagi khawatir duduk di bangku yang keras dan berdesak-desakan dengan penumpang kereta api yang lain.

PT KAI juga telah merombak total gerbong kelas Ekonomi dengan mengganti kursi penumpang menjadi lebih nyaman dan ditambahi dengan pendingin udara. Penumpang kelas inipun juga dibatasi sehingga tidak ada lagi istilah berdesak-desakan. Sehingga kita dapat menikmati perjalanan wisata backpacking dengan lebih menyenangkan.

6. Pantau Penawaran Tiket PT KAI

Tidak hanya dari situs e-commerce atau agen travel, kita juga bisa mendapatkan promo tiket kereta api dari PT KAI. Sebab saat ini, perusahaan BUMN ini cukup sering menawarkan berbagai macam promo tiket perjalanan dengan kereta api yang sangat menggiurkan. Salah satu contohnya adalah perusahaan ini pernah memberikan promo seat kereta api yang bisa diperoleh dengan harga Rp.70.000 pada 2015 silam.

Dilain waktu, PT KAI juga pernah memberikan diskon tiket kereta api mencapai 40%. Sehingga kita bisa mendapatkan promo tiket kereta api dari PT KAI dengan mengakses situs resmi dari perusahaan tersebut. Bahkan beberapa minimarket di Indonesia juga bekerja sama dengan PT KAI. Sehingga kita semakin dimudahkan dalam mendapatkan harga tiket yang murah-meriah.

7. Unduh Aplikasi KAI Access

Untuk memudahkan kita dalam mendapatkan harga tiket kereta api yang murah, saat ini kita juga bisa mengunduh aplikasi mobile bernama ‘Kereta Api Indonesia Access’. Aplikasi smartphone yang diluncurkan oleh PT KAI ini dapat kita unduh dengan gratis dan semakin memudahkan kita dalam update berbagai macam promo terbaru yang ditawarkan. Selain itu, kita juga semakin termudahkan dalam melakukan reservasi dan pembelian tiket kereta api.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat langsung melakukan pembelian tiket tanpa harus datang ke stasiun dan antri selama berjam-jam di loket. Sehingga, kita tak perlu khawatir akan kehabisan tiket kereta. (mdc)