Indonesia Bantai Vietnam di Hanoi

JELAJAHNEWS.ID – Indonesia mengalahkan Vietnam 3-0 dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia kukuh di posisi kedua klasemen Grup F dengan 7 poin. Tim Garuda unggul empat poin atas Vietnam yang menempati posisi ketiga.

Timnas Indonesia sudah membuka keunggulan 1-0 saat laga baru berjalan sembilan menit. Gol pembuka dicetak oleh Jay Idzes.

Gol ini bermula dari sepak pojok terukur yang dilepaskan Thom Haye. Eksekusinya mengarah ke Jay Idzes yang dalam posisi tidak terkawal dan sundulannya berhasil menggetarkan gawang tuan rumah.

Timnas Indonesia bahkan bisa memperbesar keunggulan pada menit ke-24. Aksi individu dilakukan Ragnar Oratmangoen yang melakukan tusukan ke kotak penalti.

Pemain Fortuna Sittard itu sukses melewati dua pemain Vietnam yang diakhiri tembakan kaki kiri mendatar yang membuat Nguyen Filip kembali memungut bola dari gawangnya.

Ernando Ari Sutaryadi membuat penyelamatan apik pada menit ke-33. Tendangan bebas Khuat Van Khang yang mengarah ke gawang bisa digagalkan sembari menjatuhkan diri.

Pelatih Shin Tae Yong melakukan dua pergantian pemain pada awal babak kedua. Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri dimasukkan menggantikan Hokky Maulana serta kapten tim Asnawi Mangkualam.

Ragnar kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-65. Aksi individu dilakukan Ragnar tetapi saat coba memberikan umpan kepada Egy bola masih bisa diblok pemain Vietnam.

Tuan rumah berupaya untuk bisa mendominasi permainan. Upaya itu membuahkan hasil tetapi Vietnam tetap kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Timnas Indonesia yang bermain solid di pertandingan ini.

Ragnar kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol keduanya pada menit ke-79. Hanya saja tembakan kaki kirinya dari sudut sempit hanya menerpa bagian luar jala gawang Vietnam.

Pemain Vietnam Ho Tan Tai punya peluang untuk mencetak gol pada menit ke-84. Akan tetapi tembakannya masih belum membahayakan gawang Ernando.

Timnas Indonesia berhasil mencetak gol ketiga ke gawang Vietnam pada menit terakhir masa injury time. Pemain pengganti Ramadhan Sananta mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut yang berawal dari sepakan keras Edo Febriansah di luar kotak penalti.

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia memantapkan posisi tim asuhan Shin Tae Yong di peringkat dua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia berada di posisi kedua dengan tujuh poin setelah meraih dua kemenangan, satu imbang dan satu kali kalah.

Tim Merah Putih tertinggal lima poin dari Irak yang masih sempurna dari empat pertandingan. Kemenangan 5-0 atas Filipina di Manila membuat timnas Irak berada di puncak klasemen dengan 12 poin.

Vietnam tidak beranjak dari posisi tiga klasemen. Tim asuhan Philippe Troussier itu masih mengoleksi tiga poin hasil dari satu kemenangan atas Filipina.

Sementara Filipina masih berada di dasar klasemen dengan satu poin. Satu-satunya poin didapat Filipina saat menahan imbang Timnas Indonesia 1-1 di Manila pada laga kedua.

Selanjutnya Timnas Indonesia akan menjalani dua laga kandang Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan melawan Irak pada 6 Juni dan melawan Filipina pada 11 Juni.

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai Indonesia kalahkan Vietnam

1. Irak 12 poin

2. Indonesia 7 poin

3. Vietnam 3 poin

4. Filipina 1 poin

(cnn/jn)