Dishub Sumut Buka Pendaftaran Mudik Gratis Nataru 2023, Berikut Rutenya

JELAJAHNEWS – Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Sumut masih membuka loket pendaftaran Mudik Gratis Nataru 2023. Tercatat  550 orang telah terdaftar untuk menikmati event Mudik gratis jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Pendaftaran akan kita tutup tanggal 22. Pemudik kita berangkatkan tanggal 23,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara, Dr. Agustinus Panjaitan SSiT, MT, Senin (18/12/23).

Menurut Agustinus, pihaknya menyediakan program Mudik Gratis Nataru dengan enam rute yang tersedia. Pendaftaran dimulai dari tanggal 11 – 22 Desember 2023. Adapun titik lokasi pendaftaran di Kantor Dishub Sumut, Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Methodist Medan, dan Universitas Katolik ST Thomas.

“Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online melalui scan barcode pada poster yang tersebar di akun sosial media milik Pemprov Sumut dan Dishub Sumut,” ujarnya.

Selain itu, kata Agustinus , Mudik Gratis Nataru ini merupakan inisiatif dan wujud nyata Pemprov Sumut hadir membantu masyarakat pulang kampung guna mengurangi kemacetan, bahkan menekan angka kecelakaan.

Tentu sasaran utamanya ialah menciptakan mudik yang aman, nyaman, dan berkesan.

Dijelaskan, rute-rute yang tersedia mencakup seperti Tarutung – Sibolga, Kabanjahe – Pangururan, Kabanjahe – Sidikalang – Salak dan Kisaran – Rantauparapat.

Program ini menjadi alternatif ideal bagi warga Medan dan Sumut yang ingin merasakan mudik dengan nyaman tanpa beban biaya. Masyarakat diimbau untuk segera mendaftar dan memanfaatkan peluang ini.

Agustinus mengimbau pengguna kendaraan umum lebih bijak dan memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Untuk pilih sarana angkutan agar selama perjalanan terhindar dari puncak arus mudik/balik.

“Sumatera Utara siap memberikan pengalaman mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh pemudik pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” tandasnya.(rel)