Warga Kawasan Kaldera Terima Santunan Zona Otoritatif Secara Virtual

TOBA – Penyerahan uang bantuan atas lahan zona otoritatif dan groundbreaking yang berasal PT.Pertamina dan PT.Pengadaian diserahkan ke 10 Desa wisata se kawasan danau Toba, di Gedung Rapat Kantor Bupati Toba, Jumat(10/7/2020).

Sebelum penyerahan bantuan secara simbolik, Sekda Toba Audhi Murphy Sitorus menyampaikan isi Surat Keputudan Bupati Toba Nomor 415 Tahun 2020 tanggal 8 Juli 2020 sebagai revisi dari SK sebelumnya, dan menetapkan luas lahan yang kena zona otorita seluas 278 Hektare dan jumlah bidang hamparan 255 hektare dan penerima santunan zona otorita untuk 204 KK dan jumlah uang santunan sebesar Rp.26.137.298.000.

Adapun hitungan jumlah yang diserahkan bervariasi, sesuai dengan jenis dan jumlah pokok tanaman masing-masing warga di wilayah kawasan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Acara penyerahan ini langsung diserahkan kepada 10 orang warga perwakilan penerima yang diserahkan langsung oleh Bupati Toba Darwin Siagian, didampingi Kapolres, Kajari dan Dirut BPODT, Arie Prasetyo dan pejabat lainnya secara simbolik.

Acara virtual ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan  dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.

Luhut menyampaikan agar pembangunan ini terus kita lanjutkan, dan berharap agar waspada terhadap viruscorona covid-19 dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Para pejabat di daerah agar bekerja untuk rakyat, jangan sonbong nanti anda juga akan kembali seperti masyarakat biasa,” ujar Luhut dan kepada pemerintah daerah.(red)