oleh

Wapres & Kasatgas Penanganan Covid-19 Setuju Jika Program FJPP Terus Dilanjutkan

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, melalui program Fellowship Jurnalis Perubahan Prilaku (FJPP), insan pers menjadi garda terdepan dalam menyampaikan kampanye perubahan perilaku.

“Diantaranya dengan mensosialisasikan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun,” kata Doni.

Selain itu, Doni juga menjelaskan bahwa dirinya lebih memilih membuat program ketimbang membuat iklan di media massa. Sebab menurutnya cara itu tidak terlalu efektif dalam mengedukasi masyarakat.

“Kalau membelikan iklan, setelah iklan berakhir ya sudah tidak ada kelanjutannya. Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, kegiatan pemerintah yang berhubungan dengan covid akan bisa berlanjut,” sebut Doni seraya mengatakan bahwa Presiden, Joko Widodo (Jokowi) juga sangat mendukung adanya program ini.

Sementara itu, terkait dengan program FJPP, Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin pun mengaku setuju jika program wartawan sebagai agen perubahan perilaku untuk penanggulangan pandemi covid-19 terus dilanjutkan.

“Saya setuju program ini (wartawan sebagai agen perubahan perilaku) dilanjutkan. Menyadari bahwa akhir pandemi Covid-19 segera terwujud, dibutuhkan perubahan perilaku di masyarakat secara berkelanjutan,” ungkapnya

Dijelaskannya, perilaku bersih diterapkan bukan hanya untuk sementara waktu atau sampai pemberian vaksin, namun diharapkan dapat menjadi gaya hidup baru masyarakat Indonesia untuk seterusnya.

Oleh karenanya, ia pun mengajak para insan media untuk turut menggaungkan informasi #Vaksinasiuntuknegeri. Menurutnya, kampanye ini dianggap penting agar progam vaksinasi berjalan lancar tanpa ada penolakan.

“Disinilah pentingnya peran insan pers untuk mencerdaskan melalui pemberitaan edukatif, informatif, akurat dan komprehensif dalam menggambarkan fenomena Covid-19. Saya juga meminta dukungan insan pers dalam mendesiminasi vaksin Covid-19 yang telah kita nantikan,” ucapnya.

Untuk itu, Ma’ruf Amin pun mengucapkan terimakasih dan apresiasi mendalam kepada insan jurnalis yang sudah mengampanyekan perubahan perilaku untuk mencegah penularan covid-19 melalui berita yang menampilkan pentingnya pola hidup sehat, dan patuh terhadap protokol kesehatan sebagai perubahan perilaku.

Sebagaimana diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 bersama dengan Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia membuka program Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP). Dimana program ini terbuka bagi para jurnalis yang ada di seluruh Indonesia untuk turut berkontribusi dalam penanganan pandemi covid-19. (IP)

Berita Terkait