oleh

Wakil Bupati Karo Tinjau Pembersihan Material Lahar Dingin

KARO – Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting meninjau Jembatan Sabodam jalur lahar dingin di Bakerah, Desa Sukatendel, Kecamatan Tiga Nderket, Kabupaten Karo, Jumat, (27/08/2021) sore.

Wakil Bupati Karo bersama Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus, Dandim 0205/TK Letkol Kav. Yuli Eko Hadiyanto meninjau langsung dampak bencana lahar dingin tersebut, yang sempat melumpuhkan akses jalan Kutabuluh- Kabanjahe, bongkahan kayu besar pun tersumbat di jembatan Sabodam yang mengakibatkan arus lalu lintas sejak Kamis, (26/8/2021) malam.

Akibatnya lokasi tersbut tidak dapat dilalui oleh kenderaan roda dua maupun roda empat, sehingga untuk menuju beberapa Desa yang ada di Kecamatan Tigananderket, Kecamatan Kutabuluh dan Kabanjahe dialihkan melalui Desa Batukarang -Jandi Meriah.

Banjir lahar sinabung tampak meluber hingga ke badan jalan. Mengakibatkan 1 (unit) Rumah beserta Bengkel Kereta milik Feri Suhenta Ginting, (40) warga Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket, Kab. Karo, rusak dan beberapa unit kendaraan roda dua juga ikut hanyut terbawa lahar Dan ditimbun lumpur, serta puluhan hektar lahan pertanian milik warga rusak akibat luapan Lahar Dingin.

Sementara total kerugian materil akibat bencana ditaksir sekira Rp. 500.000.000.- (lima ratus juta) rupiah. Kunjungan forkopimda Karo kelokasi laharan, memastikan kegiatan pembersihan material dampak bencana alam luapan lahar dingin berjalan maksimal.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, merasa prihatin terhadap warga yang tertimpa musibah laharan, namun begitu, Ia berharap korban laharan tetap semangat. Wakil Bupati Karo juga meminta kepada masyarakat, khususnya warga yang bermukim di sekitar jalur laharan untuk tetap berhati hati dan waspada, karena saat ini, menurut perkiraan BMKG cuaca cukup ekstrim.

Hingga pukul 18.00 WIB, kegiatan pembersihan material dampak bencana lahar dingin dihentikan karena banyaknya material lahar yang tersumbat dan akan dilanjutkan besok. Sementara akses jalan simpang Desa suka tendel belum dapat dilalui oleh kendaraan, dan masih dialihkan melalui jalur dari Desa Batukarang, Kecamatan Payung.

Diketahui sebelumnya, bahwa tingginya curah hujan di kawasan puncak sinabung mengakibatkan banjir lahar dingin sinabung menghanyutkan material lumpur, pasir, bebatuan dan bongkahan kayu yang menyumbat jembatan SaboDam Simpang Desa Sukatendel pada Kamis (26/08/2021) lalu.

Hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut, Kapolsek Payung AKP Jansen Bangun, Danramil 05/Payung Kapten. Inf. Krista Ginting. Plt Camat Tiganderket Amri Ginting, Kepala Desa Sukatendel Dewanto, Personil Damkar Pemda Karo dan Relawan Larsi Binaan BPBD Karo.(Jai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait