Wabup Sergai Panen Semangka Bersama Gapoktan Seiya Sekata

SERGAIWabup Sergai H Darma Wijaya, Panen Semangka Bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Seiya Sekata, di Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul, Jumat(29/5/2020) pagi.

Turut hadir, Kepala Dinas Pertanian Radianto Panjis, Camat Dolok Masihul Gunawan JW Hasibuan, S.STP, Manager PT. Socfindo Kebun Bangun Bandar, Kepala Desa Kerapuh dan Kuala Bali, Ketua Gapoktan Seiya Sekata Boirin beserta anggota.

Wabup H Darma Wijaya mengapresiasi Gapoktan Seiya Sekata yang telah berhasil memanfaatkan lahan tak terpakai (nganggur) usai panen padi dan menyulapnya menjadi lahan yang menguntungkan. “Luar biasa Gapoktan Seiya Sekata telah berhasil dalam bercocok tanam semangka dengan memanfaatkan lahan yang nganggur dengan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Darma.

Ia mengatakan, ini contoh bagi para petani lainnya untuk memanfaatkan lahan yang tak terpakai menjadi lahan sumber penghasilan yang menguntungkan, sebab hal yang serupa sangat bagus sekali untuk di kembangkan di masyarakat sekaligus meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Darma berharap kepada Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian untuk lebih meningkatkan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara memanfaatkan lahan tak terpakai usai panen menjadi lahan yang menguntungkan bagi masyarakat Sergai.

“Segeralah kita ambil alih lahan yang kosong untuk segera bercocok tanam seperti tanaman jagung, semangka, cabai serta tanaman lainnya yang memiliki waktu tanam singkat,” ungkap Darma.

Sementara Ketua Gapoktan Seiya Sekata Boirin mengatakan, sebanyak 2 hektar lahan pertanian semangka yang saat ini dikelola dengan tiga varian yaitu semangka non biji, semangka inden F1, semangka maduri dan semua jenis semangka tersebut bersumber dari bibit hasil PT. Citra Bintang Asia.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Wabup Sergai H Darma Wijaya yang terus mendukung kami dalam menjalankan program pertanian ini, sehingga kami menghasilkan panen yang sangat memuaskan,” tutup Boirin.(Jai)