Vaksin Covid-19 Tiba di Karo, Personil Polisi Perketat Pengawalan

KARO – Sebanyak 3760 vaksin covid sinovac yang merupakan tahap awal tiba di Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Karo pada Jumat, (29/1/2021) sore dan dikawal ketat personil kepolisian.

Bupati Karo Terkelin Brahmana di dampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo mengatakan, tahap awal, Tanah Karo menerima sebanyak 3760 dosis vaksin.

Nantinya, vaksin ini akan di gunakan pertama kepada tenaga kesehatan, juga kepada unsur Forkopimda Kabupaten Karo. Ketika di singgung kapan akan di lakukan vaksinasi, dia menjawab bahwa untuk vaksin Covid ini, pihak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo yang mengatur jadwalnya.

“Nanti Dinas Kesehatan Kabupaten Karo yang mengatur teknisnya atau jadwal dan tempat vaksinasi ini,” katanya.

Ia juga menambahkan, vaksin Covid serta kelengkapan seperti Alat Pelindung Diri (APD) nakes dan lainnya di simpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan dan penyimpanan vaksin menggunakan pendingin atau freezer.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Meliala, MKes mengatakan “Yang berhak menerima vaksin tersebut tidak di tentukan dari Dinas Kesehatan Karo, melainkan pemberitahuan melalui SMS dari Pusat setelah memenuhi standar kelayakan penerima Vaksin.

“Calon penerima vaksin harus mengecek kondisi kesehatannya dulu serta harus memenuhi syarat seperti umur 18 sampai 59 tahun, tidak sedang hamil, tidak memiliki alergi berat, tidak memiliki riwayat gangguan syaraf, tidak ada kelainan penyakit berat di antaranya diabetes, ginjal, hati dan jantung, “ungkapnya. (Jai)