oleh

USU Tuan Rumah PIMNAS ke-34

MEDAN – Wali Kota Medan Bobby Nasution mendukung penuh Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -34 Tahun 2021. Dengan di gelarnya PIMNAS ini di harapkan dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa dalam mengembangkan Kemampuan Ilmiah dan mutu Karya Ilmiah.

“Pemko Medan mendukung USU sebagai Pelaksana PIMNAS ke -34 tahun 2021. Sebab kegiatan ini sangat penting untuk mengukur daya kreativitas ilmiah mahasiswa,” kata Wali Kota Medan ketika menghadiri acara Presentasi Calon Tuan Rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Fakultas Ilmu Komunikasi USU, Sabtu (29/5/2021).

Dalam acara yang di hadiri Rektor USU Muryanto Amin, S.Sos, MSi, dan Tim Penilai PIMNAS, diantaranya Koordinator Pokja Dikti, Rizal Alfian, Direktorat Belmawa Kemendikbudristek, Ketua Juri PIMNAS dari UGM, dr Indwiani dan Suherman, Sekretaris Pokja Dikti, Tri Isti serta para Wakil Rektor ini, Wali Kota berharap USU dapat menjadi tuan rumah PIMNAS ke- 34.

Dikatakan Wali Kota Medan, perhelatan PIMNAS bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa dalam mengembangkan komunikasi ilmiah. Selain itu juga memacu dan membudayakan Kreativitas serta penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

“Saya berharap Pelaksanaan PIMNAS ini nantinya dapat meningkatkan kreativitas Mahasiswa dalam pengembangan IPTEK, mengembangkan Kemampuan dan mutu Karya Ilmiah Mahasiswa. Selain itu juga menjadi ajang latihan bagi generasi muda untuk tampil pada forum ilmiah serta dapat mengembangkan wawasan dan meningkatkan kedewasaan akademik mahasiswa,” kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, atas nama Pemko Medan sangat bangga jika USU nantinya dapat menjadi tuan rumah PIMNAS ke- 34, karena USU berada di Kota Medan. Oleh karena itu kegiatan ini juga di harapkan dapat memotivasi seluruh mahasiswa.

“Pemko Medan juga telah menjalin kerjasama dengan USU di bidang Pendidikan. Kerja sama ini juga bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat sehingga dapat di rasakan bersama-sana,” jelas Wali Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Medan juga mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Persiapan PIMNAS ke Kota Medan. Semoga selama berada di sini seluruh Tim Penilai dapar betah dan merasa seperti di rumah sendiri. Sebab Medan merupakan Kota yang Multikultural dengan beragam budayanya.

Sebelumnya Rektor USU, Dr Muryanto Amin S.Sos, MSi, mengungkapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan PIMNAS bukan merupakan kebanggaan bagi USU. Akan tetapi perhelatan ini dapat menjadi stimulus bagi mahasiswanya. Sebab ada keinginan kami untuk membangkitkan meningkatkan kembali prestasi mahasiswa di tingkat Nasional.

“Saat ini Prestasi USU di tingkat Nasional sedang menurun. Oleh karenanya kami menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah PIMNAS ke -34 dengan harapan prestasinya dapat meningkat. Selain itu juga meningkatkan lagi kemampuan para Dosen dalam riset dan kegiatan ilmiah,” kata Rektor.

Menurut Muryanto Amin, PIMNAS nantinya akan di ikuti 3.000 lebih mahasiswa dari seluruh Indonesia secara Virtual. Namun sekitar 100 orang Juri akan hadir langsung ke Kota Medan khususnya ke USU untuk menilai PIMNAS ke -34. Untuk itu di perlukan dukungan semua pihak termasuk Pemko Medan agar USU menjadi tuan rumah pelaksanaan PIMNAS ke -34.(JN/Jai)

Berita Terkait