Turun Langsung ke Pasar, Nikson Nababan Targetkan Pemulihan Ekonomi Taput

JELAJAHNEWS.ID -Tidak cukup hanya instruksi ataupun perintah sana sini. Selaku orang nomor satu di daerah bagian Utara Tapanuli ini, melakukan blusukan ala Nikson Nababan.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama-sama dengan Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo, Ketua DPRD Poltak Pakpahan, Kajari Taput Tatang Darmi, Kapolres Taput Jonner Samosir/diwakili, serta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare dan Staf Ahli Bupati, Asisten serta beberapa Pimpinan OPD turun ke pasar Siborong-borong untuk membeli langsung hasil pertanian masyarakat, Siborong-borong (Senin, 15/06/2020).

Bupati dan Forkopimda serta jajarannya yang hadir menargetkan untuk membeli hasil bumi Tapanuli Utara yang merupakan hasil usaha sendiri bukan sebagai pengumpul ataupun tokke.

Bupati berharap dengan turun langsung ke pasar ini mampu membangkitkan kembali semangat para petani dan juga untuk menggerakkan kembali perekonomian masyarakat.

“Para petani sayur mayur ini harus memiliki untung, saya akan beli sesuai harga yang mereka minta dan yang pasti harus menguntungkan, jangan sampai mereka merugi. Saya melihat dan mendengar keluhan para petani, ini salah satu cara membantu petani kita sehingga mereka tidak putus asa dan terus semangat bertani sekaligus juga untuk mendukung salah satu program kita saat ini yaitu memperjuangkan ketahanan pangan di Tapanuli Utara,” ujar Bupati.

“Melalui operasi pasar ini diharapkan mampu menjadi pemicu pencapaian target kita dalam pemulihan Kembali perekonomian masyarakat yang mayoritas sebagai petani. Kegiatan ini sekaligus sebagai survey harga pasar untuk nantinya akan kita hitung apakah masyarakat merugi jika harga pasar demikian. Harga sayur mayur memang anjlok, makanya saya berusaha membeli sayur mayur tersebut dan juga untuk bisa membantu petani,” tambah Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati tidak hanya melakukan operasi pasar hasil pertanian saja, namun juga memberikan perhatian terhadap masyarakat lainnya yang turut sebagai pelaku pendukung di pasar. Komoditi yang dibeli oleh Bupati tersebut turut dibagikan kepada masyarakat, para pengemudi betor dan para pengangkut barang (sorong) yang ada disekitaran pasar Siborong-borong.

Bupati juga berpesan agar para pedagang tersebut tetap dapat diatur dan tertib agar kenyamanan pasar tetap terjaga. “Kita juga harapkan agar para pengunjung pasar selalu perduli atas kesehatannya dan memperhatikan protokol kesehatan masa covid-19 sekarang,” pesan Bupati.

Disela-sela kegiatan ini, Bupati juga menerima serta menanggapi berbagai keluhan warganya dan langsung memberikan arahan kepada jajarannya untuk segera dilaksanakan.

Para petani yang hasil pertaniannya turut dibeli oleh Bupati dan rombongan, menunjukkan senyum bahagia dan merasa senang karena setelah di masa corona ini hasil penjualan komoditi pertanian mereka sering merugi.

Hal ini diutarakan Boru Hombing, petani asal Hutaraja Kecamatan Sipoholon sambil tersenyum bahagia karena dagangannya habis diborong oleh Bupati Taput.

Tadi sayur keriting hasil pertanian saya sendiri telah dibeli oleh Bapak Bupati, kami menjualnya dengan harga sudah diatas normal. “Saya sangat senang dan bersyukur karena sudah dibeli sayur kami, terima kasih Bapak Bupati, sehat lah Bapak,” ujarnya.

“Semenjak corona penjualan hasil pertanian kami merosot dan sering merugi,” ucap ibu lansia Boru Hombing tersebut dalam bahasa daerah.(Ralwin RL Toruan)