Turun Gunung, Cech Latih Kiper-kiper Chelsea

JELAJAHNEWS.ID, LONDON – Posisi kiper jadi titik lemah Chelsea saat ini. Tak ayal, legenda kiper The Blues, Petr Cech sampai turun gunung.

Di dua pekan pertama Liga Inggris, Chelsea sekali menang dan sekali kalah. Di pertandingan terakhirnya kontra Liverpool, Chelsea pun ditaklukkan 0-2 di kandang sendiri. Penyebab kekalahannya tertuju pada sang kiper, Kepa Arrizabalaga.

Gol kedua Liverpool yang dicetak Sadio Mane adalah hasil kesalahannya mengumpan pendek dan bisa dipotong dengan mudah lalu bersaranglah gol ke gawangnya. Kepa Arrizabalaga juga tampil cukup buruk musim lalu.

Penyelamatannya mendapat persentase terburuk di Premier League. Bahkan, Chelsea adalah tim dengan kebobolan terbanyak di peringkat 10 besar. Chelsea sendiri sudah mendatangkan kiper Edouard Mendy dari klub Prancis, Stade Rennais.

Mendy punya catatan apik musim lalu, yang mana dirinya menjadi kiper terbaik ketiga soal persentase penyelamatan di Liga Prancis. Namun, hal itu saja dirasa belum cukup. Alhasil, Direktur Olahraga Chelsea, Petr Cech yang juga mantan kiper Chelsea terpaksa turun gunung.

Petr Cech terlihat di kamp latihan Chelsea. Dirinya pun tampil lengkap dengan baju latihan, sarung tangan kiper, dan pelindung kepalanya. Cech diyakini ikut melatih kiper-kiper Chelsea dalam sesi latihan. Dari foto-foto yang tersebar, terlihat juga ada Kepa Arrizabalaga yang dilatih langsung oleh Cech.

Petr Cech pernah 11 tahun mengawal gawang Chelsea, dari tahun 2004 sampai 2015. Bisa dibilang, dia adalah kiper terbaik yang Chelsea punya. Cech mampu mempersembahkan 15 trofi. Pria asal Ceko itu juga sudah tampil sebanyak 494 kali di seluruh kompetisi.

Petr Cech juga pernah memenangi penghargaan individu, seperti tiga kali sebagai kiper terbaik Liga Inggris dengan meraih Premier League Golden Gloves di tahun 2005, 2010, dan 2014. Dia juga masih memegang rekor gawangnya tak pernah kebobolan selama 1.024 menit. Plus, punya rekor clean sheets terbanyak di Chelsea sebanyak 209 kali. (dtc)