Tips Turunkan Kadar Kolestrol

KESEHATANMenyambut penerapan new normal, restoran dan tempat hiburan juga tengah mempersiapkan diri untuk kembali dibuka.

Kendati demikian, masyarakat diharapkan tetap memperhatikan kesehatannya masing-masing dengan mengikuti protokol kesehatan COVID-19 dan menerapkan pola hidup sehat. Salah satu yang perlu kita perhatikan adalah kadar kolesterol. Sebab, selama kita di rumah, tentu gaya hidup dan pola makan sudah sangat terjaga.

Namun bagaimana jika sudah kembali beraktivitas diluar rumah? Tentu akan berbahaya jika kadar kolesterol kita tidak terjaga. Sebab akan banyak penyakit yang berisiko bisa masuk ke tubuh. Untuk itu, ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di tubuh kita, antara lain:

1. Sering berolahraga

Berolahraga 2,5 jam sudah cukup untuk meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Jenis olahraganya bisa bermacam-macam, maka pilihlah olahrga yang Anda sukai misalnya seperti jogging, bermain bulutangkis, bersepeda, dan sebagainya.

2. Jaga tingkat stres

Ketika stres, kolesterol bisa meningkat secara drastis. Ini juga disebutkan oleh dr Adeline bahwa stres bisa menyebabkan kolesterol jahat (LDL) meningkat secara tidak langsung karena menyebabkan kebiasaan makan yang kurang sehat, sehingga berat badan jadi berlebihan.

3. Konsumsi serat, ikan, dan minyak zaitun

Makanan seperti serat, ikan, dan zaitun merupakan beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Bahkan minyak zaitun dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 15% yang mirip dengan efek dosis rendah dari obat.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menjelaskan, kadar kolesterol yang normal juga berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab menurutnya, kolesterol yang tinggi akan menyebabkan kadar kortisol meningkat. Sehingga akan membuat antibodi melemah dan menyebabkan aktivitas di era new normal ini tidak bisa dijalani dengan baik.

“Oleh karena itu, untuk menjaga agar imunitas tubuh tetap optimal dalam erna new normal ini, perhatikan asupan nutrisi harian dengan gizi seimbang, karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan serta sumber lemak baik,” ungkap dr. Adeline.

Selain dengan beberapa tips tersebut, kita juga bisa mengonsumsi Nutrive Benecol untuk menurunkan kadar kolesterol. Susu dengan sari buah yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis efektif menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga kondisi tubuh tetap optimal dalam menjalani aktivitas harian kita.

Nutrive Benecol juga dapat kita dikonsumsi jika ingin menurunkan kolesterol maupun yang ingin menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam kondisi baik. (dtc)