Tinjau SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, Gubsu: Kalau Kurang Mampu Berikan Beasiswa

MADINA – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan revitalisasi Gedung SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, di Jalan Prof Dr Andi Hakim Nasution, Desa Pidoli Lombang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (19/6/2021).

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan agar pendidikan di Sumut lebih maju lagi. Anak-anak Sumut harus mendapatkan pendidikan yang terbaik dan berkualitas.

“Berikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita, setelah tamat dari sini mereka pun bisa berbuat yang terbaik untuk Sumut, jangan hanya ilmu yang didapat, tapi akhlaknya juga di dapat di sini,” ujar Gubernur.

Gubernur mengakui telah menggelontorkan dana sekitar sebesar Rp7 miliar untuk revitalisasi Gedung SMA Negeri 2 Plus Panyabungan .

Edy berharap gedung sekolah yang baru direvitalisasi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemanjuan pendidikan di daerah ini.

“Dulu, saya datang ke sini masih porak-poranda terkena banjir bandang sekolahnya. Saya tanya ini sekolah apa? Sekolah plus katanya, gimana mau jadi sekolah plus kalau keadaanya atap bolong-bolong, bangunan pun rusak. Itu lah kenapa saya prioritaskan sekolah ini untuk direvitalisasi dengan APBD tahun 2020 silam,” ungkap Edy Rahmayadi.

Edy pun mengajak para kepala sekolah untuk fokus mencari anak didik yang punya talenta. Antara lain melalui perekrutan yang benar-benar serius.

“Cari ‘intan mutiara’ di Madina ini, kalau kurang mampu ekonominya beri dia beasiswa, saya akan kirim guru terbaik untuk mengajar di sini. Sehingga ini benar-benar menjadi tempat pendidikan yang plus,” harapnya.

Dikatakan Edy, bahwa ilmu sangat berdekatan dengan kesejahteraan. Orang yang berilmu biasanya akan sejahtera. Karena itu, peningkatan kualitas pendidikan juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sama-sama kita pikirkan bagaimana kita mendorong agar Madina ini cepat maju, salah satu upayanya kita akan membangun Bandar udara di sini. Dengan begitu, nanti akan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Plus Panyabungan Hendri mengatakan, pada program revitalisasi ini dilakukan pembangunan pada ruang belajar, gedung utama, ruang audiotorium, ruang komputer dan ruang guru. “Pembangunan menggunakan anggaran tahun 2020, mulai dibangun bulan September dan selesai dibangun pada awal tahun 2021, tapi Pak Gubernur baru sempat meresmikan hari ini,” ujarnya.

SMA Negeri 2 Plus Panyabungan akan fokus pada pendidikan di bidang sains, pendidikan pembinaan karakter, dan pendidikan di bidang ilmu teknologi. “Untuk mengembangkan itu, SMA Negeri 2 Plus ini pun pengelolaanya dibantu oleh pihak Yayasan Marbisuk,” terangnya.(JN)