Tim Repsol Honda Hancur Lebur di Moto GP Ceko 2020

OLAHRAGATim Repsol Honda hancur lebur dalam gelaran Moto GP Republik Ceko 2020 kemarin. Bagaimana tidak, pasalnya tim pabrikan asal Jepang itu hanya bisa mengumpulkan satu poin di balapan seri ketiga Kejuaraan Dunia Moto GP 2020.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Brno tersebut, Repsol Honda sejatinya tak diperkuat oleh Marc Marquez. Sebab, The Baby Alien (julukan Marquez) masih mengalami cedera dan harus menjalani perawatan.

Posisi Marquez pun digantikan Stefan Bradl. Sayangnya, Bradl tak mampu menyumbangkan poin untuk Repsol Honda. Sebab, ia menyelesaikan balapan sebagai juru kunci, yakni di posisi ke-18. Alhasil, Repsol Honda hanya mendapat poin dari Alex Marquez. Itupun sang juara dunia Moto2 2019 hanya bisa menyumbang satu poin lantaran finis di posisi ke-15.

Menanggapi hal ini, Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, tak memungkiri bahwa dirinya kecewa karena tak bisa mendapat hasil bagus. Akan tetapi, ia mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Alex dan Bradl.

Puig sendiri sadar bahwa Alex merupakan pembalap pendatang baru (rookie) dan masih membutuhkan banyak pengalaman serta pembelajaran. Maka dari itu, ia sudah cukup senang karena Alex berhasil membawa pulang poin.

“Akhir pekan adalah proses pembelajaran bagi Alex, dia berusaha menjadi yang paling konstan. Dia tahu itu tidak akan mudah dari barisan belakang. Dia berhasil melewati garis finis dan mendapatkan satu poin. Sekarang dia akan bekerja untuk meningkatkan kecepatannya untuk balapan berikutnya,” ujar Puig.

“Stefan mencoba banyak hal sepanjang akhir pekan, tangannya sibuk. Sulit baginya untuk menemukan set-up yang sempurna untuk balapan. Dia melakukan yang terbaik, tapi sayangnya dia keluar jalur dan kehilangan banyak waktu,” lanjutnya.

“Hasil yang mengecewakan untuk MotoGP Republik Ceko, tapi kami sedang berusaha untuk meningkatkannya mengingat balapan ganda di Sirkuit Red Bull Ring. Saya berbohong jika saya mengatakan ada banyak hal positif yang bisa kita bawa bersama kita. Kami tidak bisa puas dengan hasil kami. Tetapi kita harus menerima bahwa inilah masalahnya saat ini dan menunggu waktu yang lebih baik. Pada akhirnya kami adalah tim, kami profesional dan kami mendukung pembalap kami di setiap posisi,” tandas Puig. (okz)