Tim Gabungan Medan Patroli Prokes dan PPKM Berbasis Mikro

MEDAN – Tim gabungan Pemko Medan bersama dengan aparat TNI dan Polri kembali menggelar Patroli Protokol Kesehatan (prokes) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro, Sabtu (22/5/2021).

Kegiatan ini untuk memastikan masyarakat mematuhi prokes dan mencegah penyebaran Covid-19 di Medan.

Sebelum melakukan patroli, tim gabungan melakukan apel di Lapangan Benteng Medan. Bertindak sebagai pimpinan apel Plt. Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Suherman.

Suherman mengharapkan seluruh anggota tim gabungan bekerja dengan sebaik-baiknya, santun namun tegas.

Suherman mengatakan, mungkin saja ada segelintir orang yang tidak senang dengan patroli ini.

“Namun saya yakin, jauh, bahkan sangat jauh lebih banyak masyarakat mendukung kegiatan yang merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” sebut Suherman.

Di akhir arahannya, Suherman mengharapkan tim gabungan ini tetap semangat dan menjaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya.

“Semoga kegiatan ini Allah meridhoi dan menjadi ladang amal bagi kita,” ungkapnya.

Usai apel, patroli pun digelar, masing-masing kelompok melakukan patrol di beberapa kecamatan. Dengan demikian, patroli tersebut menjangkau seluruh kecamatan di Medan.

Dalam patroli ini, tim gabungan memastikan agar warga mematuhi protokol kesehatan. Selain di jalan, tim gabungan juga memasuki tempat-tempat yang rentan menimbulkan kerumuman. Salah satunya adalah pasar.

Beberapa pasar yang dimasuki tim gabungan adalah Pajak Ikan Lama dan Pasar Hindu. Di dua pasar ini tim gabungan menemukan, sebagian besar pedagang maupun pembeli telah memakai masker. Hanya saja ada beberapa kali tim mengingatkan agar para pembeli dan pedagang tetap menjaga jarak dan menghindari kerumuman.

Berdasarkan data PT ASDP Ferry Indonesia, pada tanggal 22 Mei 2021, dari total sekitar 420 ribu orang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni mulai 22 April hingga 14 Mei 2021, jumlah orang yang kembali dari Sumatra baru sekitar 138.066 orang.

Setelah masa peniadaan mudik berakhir, Pelabuhan Bakauheni sudah mengoperasikan secara penuh 7 dermaga dengan jumlah kapal yang beroperasi per hari sebanyak 32 kapal.

Tercatat jumlah penumpang pada Selasa (18/05/2021) di Bakauheni mencapai 33 ribu penumpang, sementara pada Rabu (19/05/2021) dan Kamis (20/05/2021) tercatat sekitar 30 ribu penumpang per harinya.(Jai)