Ternyata Minuman Ini Bisa Hancurkan Lemak Tubuh

KESEHATANSetiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal serta perut yang langsing, terutama kaum hawa. Biasanya, untuk mencapai hal tersebut, mereka pun rela melakukan diet keras ataupun olahraga yang ketat.

Namun ternyata, ada beberapa jenis minuman yang bisa mewujudkan porsi badan yang ideal dan perut yang langsing. Bahkan minuman-minuman inipun dianggap bisa membantu menghilangkan lemak yang ada di bagian perut dengan cepat. Mau tau apa saja jenis minuman tersebut? Mari kita simak ulasan berikut.

Air putih

Air putih memang dikenal sangat bagus untuk tubuh. Ajaibnya, air putih ternyata juga bisa membuat orang yang meminumnya merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu pembakaran kalori tubuh.

Studi yang dilakukan pada 48 orang dewasa dengan berat badan berlebih membuktikannya. Dimana mereka mengkonsumsi 500 ml air putih sebelum makan dan membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Hasilnya, mereka berhasil menurunkan 44% berat badannya hanya dalam waktu 12 minggu. Selain itu, air putih juga bisa meningkatkan kalori yang dibakar saat sedang beristirahat.

Kopi

Ternyata zat yang ada di dalam kopi dan teh, yakni kafein bisa berfungsi sebagai stimulan dan membantu menurunkan berat badan. Bahkan ,di waktu yang bersamaan, kopi juga bisa memaksimalkan metabolisme tubuh.

Berdasarkan studi pada 33 orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan, mereka yang mengkonsumsi 6 ml kafein bisa membuat kalori di tubuh menjadi lebih sedikit. Bahkan dalam jangka panjang, para pecinta kopi juga bisa mempertahankan kestabilan berat tubuhnya.

Teh hijau

Dari 14 penelitian yang dilakukan mengatakan, orang yang mengkonsumsi teh hijau berkonsentrasi tinggi secara rutin selama tiga bulan, bisa menurunkan berat badannya. Berat badan yang bisa diturunkan pun mencapai 0,2-3,5 kilogram, jauh dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Hal ini karena kandungan catechin, yaitu sejenis antioksidan yang mempercepat proses pembakaran lemak dan mengoptimalkan proses metabolisme. Selain itu, teh hijau juga mengandung kafein yang bisa meningkatkan energi saat beraktivitas.

Teh hitam

Meski tak sepopuler teh hijau, ternyata teh hitam juga bisa menurunkan berat badan loh! Sebab, teh yang terbentuk dari proses oksidasi yang lebih lama ini mengandung flavonoid, yaitu jenis antioksidan yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam penelitiannya, kandungan polifenol yang ada di dalam teh hitam bisa menurunkan konsumsi kalori, memecah lemak lebih optimal, dan memberikan rangsangan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Pada penelitian lainnya yang melibatkan 2.734 wanita, mereka yang mengkonsumsi teh hitam secara rutin memiliki lemak tubuh yang lebih rendah.

Cuka apel

Sebagian orang mungkin sudah sangat familiar dengan cuka apel. Cuka ini mengandung asam asetat yang bisa menurunkan berat badan, dengan cara menurunkan kadar insulin, mengoptimalkan metabolisme, membakar lemak, hingga menekan nafsu makan.

Hal inipun dibuktikan lewat penelitian yang dibantu oleh 144 orang dewasa yang obesitas, dimana mereka mengkonsumsi 2 sendok makan (30 ml) cuka apel tiap harinya. Hasilnya, berat badan mereka turun secara signifikan dan membuat lingkar pinggang serta lemak di perut menurun.

Dan yang harus kita ingat, setelah minum cuka apel kita jangan lupa untuk berkumur. Karena kandungan yang terdapat dalam cuka apel juga dapat membuat gigi kita cepat rusak. (dtc)