Tapsel Terapkan Metode GASING Mahir Berhitung Bagi Guru dan Siswa

JELAJAHNEWS.ID – Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu membuka pelatihan pandai berhitung metode Gampang Asyik Menyenangkan (Gasing) tingkat guru dan siswa SD SMP se-Tapanuli Selatan di Kecamatan Batang Angkola, Senin (28/11/2022).

Dibukanya pelatihan ini, Bupati optimis pada tahun 2024 ditargetkan 34 ribu pelajar di Tapanuli Selatan sudah mahir berhitung. Oleh karena itu ia berpesan kepada semua guru agar fokus mengikuti pelatihan sehingga pelajaran dapat diserap dan dikembangkan kepada siswa masing-masing di sekokah.

“Saya mendengar Metode Matematika Gasing ini sudah cukup lama dan sudah melegenda. Seperti kisah Prof Yohanes saat melatih anak-anak Papua, benar-benar luar biasa,” kata Bupati.

Bupati juga ingin ada peningkatan yang baik untuk pendidikan khusus usia SD maupun SMP di Tapsel yang dipimpinnya.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, dimana para guru perlu selalu mengembangkan metode pengajaran dan kali ini kita dapat berinovasi dengan pola yang asyik, dimana siswa dapat belajar sambil rileks,” sebutnya.

Sementara, Kadis Pendidikan Tapsel, Arman Pasaribu mengatakan untuk mewujudkan target di tahun 2024 mahir berhitung perlu dibuat pelatihan pandai berhitung dengan metode Gampang Asyik Menyenangkan (Gasing) tingkat guru dan Siswa SD, SMP se-Tapanuli Selatan.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan, sebut Arman, terdiri dari para guru SD sebanyak 30 orang, siswa SD dan SMP sebanyak 90 orang yang akan mengikuti pelatihan selama dua Minggu kedepan sejak 28 Nopember hingga 11 Desember 2022.

“Jumlah itu merupakan jumlah para guru SD dan siswa SD dan SMP se-Tapsel. Sementara 30 orang guru SD akan kita latih agar harapannya bisa terjun ke sekolah-sekolah diseluruh Indonesia,” terangnya.

Lanjut Arman tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dibidang matematika untuk siswa dan guru tingkat sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Tapsel.

Arman juga menjelaskan untuk mengembangan kemampuan siswa dan guru sebagai peserta yang sekaligus pendampingan dalam hal penyelesaian masalah pembelajaran di sekolah serta menggali kemampuan belajar matematika makan dilakukan metode gampang asyik dan menyenangkan (Gasing).

Diketahui, kegiatan pelatihan ini bersumber dari P-APBD Tapsel 2022, dengan mengundang pemateri dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya Seluruh Indonesia. Yaitu dari Jakarta 2 orang, Humbang Hasundutan 4 orang, Tapanuli Utara 1 orang dan Dairi 2 orang. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *