oleh

Tak Hanya Anggota Satgas, Warga Di Lokasi TMMD Ikut Pecahkan Batu

TAPSEL – Batu Koral merupakan salah satu bahan pokok yang digunakan dalam pembangunan fisik pada TMMD Reguler ke-111 Kodim 0212/Tapsel di Kecamatan Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Tidak hanya anggota satgas TMMD, ternyata warga di lokasi juga tidak mau ketinggalan membantu menyusun koral dijalan bahkan ikut memecahkan batu untuk pengerasan jalan yang dibangun di lingkungan mereka.

Jebua (37) salah satu warga yang ikut membantu mengatakan, “Saya tidak bakal diam saja melihat TNI membangun jalan lingkungan kami, saya juga harus ikut membantu agar jalan ini bisa kami pergunakan secepat mungkin”, ucapnya dijalan TMMD Kelurahaan Sangkunur Jum’at (09/07/2021)

Komandan Satuan Setingkat Kompi (DAN SSK) kodim 0212/Tapsel Letda Hasudungan Sinaga mengatakan, “Memecah batu merupakan salah satu tugas yang sulit. Jika tidak tepat memecahkannya, batu akan susah dipecahkan menjadi bongkahan kecil-kecil.

Sambung Letda Hasudungan, Untuk memecahkan batu diperlukan tenaga yang kuat, pengalaman serta tehnik khusus yang harus dikuasai,” katanya.

Karena tidak ada mesin pemecah batu, maka letda Hasudungan mm menggunakan palu besar, kecil dan pasak atau paku besar memecah batu.

“Untuk memecah batu-batu besar ini, pertama-tamanya saya lakukan adalah menancapkan paku/pasak tersebut ke batu yang sudah ada garisnya. Ini agar dapat dibelah sesuai dengan ukuran yang di inginkan,” kata Serka Jemu.

Semua ini dilakukannya demi membantu masyarakat untuk pengerasan jalan agar jalan yang dibangung bisa dipergunakan masyarakat guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, harap letda Hasudungan. (Irul Daulay)

Berita Terkait