oleh

Tak Ada Tempat yang Benar-benar Aman Dari Covid-19

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Terkait situasi pandemi covid-19 yang terjadi hampir di seluruh negara, Kepala Satgas Nasional Penangan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa saat ini tidak ada lagi tempat yang benar-benar aman.

“Jadi kalau ada sejumlah negara, kita nonton video, nonton youtube, bahwa ini aman, bebas covid, dan sebagainya. Saya pastikan bahwa sejumlah video yang berasal dari negara-negara tertentu itu, bahwa warga negara kita yang kembali dari negara tersebut, itu juga ternyata positif covid,” ungkap Doni dalam diskusi online via zoom meet dengan tema ‘Stigmasi Terhadap Penderita Covid-19 dan Tenaga Medis’, Jumat (23/10/2020).

Doni pun menjelaskan bahwa itu juga dibuktikan dari kepulangan Pekerja Mingran Indonesia (PMI) sekitar 330.000 orang lebih, baik yang di PHK maupun yang dihentikan sementara karena tidak ada kegiatan. Dimana dari jumlah tersebut, hampir 3.000 orang yang diperiksa oleh tim kesehatan gabungan dinyatakan positif covid.

“Jadi kalau ini tidak teliti, lantas mereka pulang ke kampung halamannya, bisa jadi menulari saudara-saudara yang lain. Ini juga tantangan yang sangat besar bagi kita,” kata Doni.

Oleh karenanya, ia mengharapkan kepada seluruh lapisan untuk dapat menciptakan rasa solidaritas agar saling menjaga dan mengingatkan satu sama lainnya agar terhindar dari covid-19.

“Solidaritas ini harus dibangun setiap saat, tidak boleh berhenti hari ini atau minggu ini saja. Tidak bisa. Harus sepanjang waktu,” tegasnya. (IP)

News Feed