Sukseskan F1 Powerboat Danau Toba, Dishub Sumut Sediakan Shuttle Bus Gratis

JELAJAHNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berkomitmen mendukung penuh penyelenggaraan event internasional F1 Powerboat (F1H2O) yang akan berlangsung di Balige pada tanggal 24-26 Februari 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut Dr. Agustinus Panjaitan. S.SiT, MTĀ  kepada wartawan, Kamis (23/2/2023).

Agustinus mengatakan, Dishub Sumut telah berkoordinasi secara intensif dan menggelar simulasi, khususnya dalam penerapan MRLL (Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas) di sekitaran Kota Balige.

Menurutnya, keberhasilan penerapan MRLL adalah kunci utama kesuksesan event besar ini. Karena jika terjadi stagnant (diam) arus lalu lintas, maka dipastikan mobilitas penonton dan aktivitas ekonomi masyarakat justru akan terganggu. .

Untuk itu, kata Agustinus, dirinya berharap skenario MRLL yang akan diterapkan dapat dipatuhi bersama oleh semua pihak, sehingga mobilitas pengunjung dan masyarakat dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan lebih efisien.

Agustinus menjelaskan, pihaknya juga menyediakan sarana shuttle bus gratis bagi penonton. Bus shuttle tersebut sebanyak 89 unit yang akan melayani secara mobile dengan headway per 3-4 menit dari kantong-kantong parkir yang disediakan, dengan total jumlah seat tersedia sebanyak 27.300/hari.

Untuk penonton dari arah Medan, tersedia kantong parkir di Lumban Pea (sebelum simpang by Pass Balige sisi kanan). Sedangkan dari arah Balige kantong parkir terdapat di 6 lokasi, yakni : Simanjalo 1,2 dan 3, Gorat 1 dan 2 serta Somba Debata.

Selanjutnya, dari kantong parkir tersebut pengunjung akan dibawa oleh shuttle bus ke lokasi dropp of di seputaran arah ke venue.

Adapun Rute Pelayanan Shuttle Bus gratis untuk umum pada penyelenggaraan Event F1 Powerboat yakni :

Kantong Parkir Lumban Pea – Jalinsum – Jembatan Juara Monang – berputar di SPBU Sipahutar (dropp off)

Kantong Parkir Balige By Pass – simpang Longat – Jalinsum (arah ke kota) – simp. Jl. Sutomo (dropp off) – berputar di SPBU Hutabarat.

Dishub Sumut, tambah Agustinus, akan menempatkan personil dilokasi kantong parkir yang disediakan untuk membantu pengaturan parkir dan memonitor operasional shuttle bus, dan memastikan semua penonton akan terangkut, jadi pengunjung tidak perlu kuatir.

“Kami berharap para pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas shuttle bus tersebut dan tidak memaksakan diri membawa kendaraan masuk ke kota, terlebih ke lokasi venue, karena hal tersebut justru akan menambah kemacetan yang merugikan kita semua,” terangnya.

Ia juga berharap melalui event F1 Powerboat dapat meningkatkan arus kunjungan wisata di Kawasan Danau Toba.

“Kita harus bisa memanfaatkan moment ini untuk memulihkan industri pariwisata di Danau Toba khususnya akibat dampak pandemi Covid 19,” pungkasnya.(Jai/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar

  1. Hiya very cool website!! Man .. Excellent .. Amazing .. I’ll bookmark your blog and take the feeds alsoKI’m glad to seek out numerous useful information here within the submit, we’d like work out extra strategies in this regard, thanks for sharing. . . . . .

  2. Hey very cool web site!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I’ll bookmark your blog and take the feeds alsoā€¦I am happy to find a lot of useful information here in the post, we need work out more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

  3. Good day! This is kind of off topic but I need some help from an established blog. Is it very hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick. I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to start. Do you have any tips or suggestions? Thank you