oleh

Sepanjang Penyelenggaraan Pilkada 2020 Serentak, 40 Orang Anggota KPU Terpapar Covid-19

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Plt.Ketua KPU, Ilham Saputra mengungkap, sepanjang penyelenggaraan Pilkada 2020 kemarin, sedikitnya 40 orang anggota KPU Pusat hingga KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota dikonfirmasi terpapar covid-19.

“ada total komisioner 40 orang. Alhamdulillah Pak Arif, Pak Pram segera sehat. Saat ini Pak Viryan sedang isolasi,” ujar Ilham dalam rapat evaluasi Pilkada di Komisi II DPR RI bersama Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP di DPR, baru-baru ini.

Ia juga mengungkap Selain itu, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan pihaknya, ada juga staf dan ASN kami yang terpapar covid-19.

“ASN ada di atas 36 orang. Tenaga ahli, tenaga pendukung dan tenaga operator 47 orang, Panitia ad hoc 2020 yang kami trima laporannya 36 orang, dan pegawai lain 26 orang,” sebutnya.

Selain covid-19, selama penyelenggaraan Pilkada 2020 juga terjadi kecelakaan petugas Pemilu. Sedikitnya terdapat 31 orang PPK, 34 orang PPS, dan 37 orang KPPS tengah rawat jalan.

“Sampai tgl 15 Januari 2021 telah terjadi beberapa kejadian kecelakaan kerja yang mengakibatkan badan penyelenggara ad hoc harus melakukan perawatan di RS maupun berobat jalan, bahkan ada juga yang meninggal dunia,” jelas Ilham. (mdc)

Berita Terkait