oleh

Senyum Bahagia Penyapu Jalanan

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Saat fajar belum menyingsing, Ngatyem (46), warga Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deli Serdang itupun sudah mulai bekerja menyapu sejumlah ruas jalanan di kawasan Kota Medan.

Jauhnya perjalanan yang harus dilaluinya dari rumah hingga ke lokasi untuk bekerja, tak mengendurkan langkahnya untuk menjemput rezeki demi menghidupi anak dan keluarganya.

Terhitung, lima tahun sudah Ngatyem menjalani pekerjaannya sebagai penyapu jalan. Hingga tiba hari ini, Selasa (29/12/2020), seakan menjadi hari yang sangat istimewa baginya. Bagaimana tidak, pasalnya ia berkesempatan bertemu bahkan mendapat bingkisan langsung dari istri orang nomor satu di Sumatera ini, Ibu Nawal Lubis.

Ya, pagi itu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi bersama sang istri yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumut, Nawal Lubis sedang melakukan jalan santai di sekitaran Rumah Dinas Gubernur.

“Alhamdulillah bisa dapat rezeki dari istri Pak Edy. Saya tidak menyangka ibu itu langsung yang berikan. Saya lihat dari kejauhan, tampak seperti orang yang sedang berolahraga pada umumnya. Namun, semakin dekat, beliau memberikan bingkisan dan uang tunai. Semoga ibu dan bapak diberi kesehatan selalu,” ujar wanita berseragam orange itu sambil tersenyum gembira.

Mungkin bagi sebagian orang, bingkisan tersebut hanyalah bingkisan biasa. Akan tetapi, bagi Ngatiyem, bingkisan tersebut sangat berharga dan menjadi pengobat lelah baginya yang saban hari harus berangkat dari rumahnya sekitar pukul 04.30 wib.

Sebelum subuh ia sudah harus berada di lokasi yang akan dibersihkannya. Tak jarang rasa takut terkadang menghantuinya saat akan keluar rumah di pagi buta tersebut. Namun, bagina keluarga menjadi satu-satunya alasan yang membuat dirinya berani.

Tidak hanya Ngatyem, Rusliati penyapu jalan lainnya yang sedang bertugas membersihkan di kawasan Gereja HKBP Jalan Sudirman Medan, juga menerima bingkisan serupa dari Nawal Lubis. Warga Tanjungmorawa itu juga tak mampu menyembunyikan rasa bahagianya.

“Bantuan untuk memenuhi kebutuhan, untuk makan anak,” ucapnya, ditanya usai menerima hadiah dari Nawal.

Ratusan bingkisan yang berisi baju, mug gelas, dan uang tunai juga diberikan kepada para petugas kebersihan, abang becak, hingga pedagang kaki lima yang ditemui Nawal pagi itu. Salah seorang petugas kebersihan lainnya, Herman yang ditemui di Jalan Multatuli Medan pun mengaku cukup sering mendapatkan bingkisan dari Gubernur.

“Kalau bingkisan, beberapa kali saya menerima. Pak Edy kan rutin melakukan jalan pagi, kadang dia bagi-bagikan buah dan sembako, bapak itu baik orangnya. Semoga Pak Edy dan keluarga sehat selalu,” ungkap Herman.

Berolahraga jalan santai sambil membagi-bagikan bingkisan kerap dilakukan Edy Rahmayadi dan Nawal Lubis di sekitar Rumah Dinas Gubernur. Kali ini, Gubernur dan rombongan melakukan olahraga jalan kaki dengan rute perjalanan mulai dari Rumah Dinas Gubernur Sumut – Taman Ahmad Yani – Jalan Multatuli – Taman Beringin dan kembali ke Rumah Dinas Gubernur.

Sambil berolahraga, Gubernur dan rombongan pun membagi-bagikan bingkisan kepada para penyapu jalan, abang becak dan warga yang ditemui di sepanjang jalan yang dilalui, dengan harapan dapat sedikit membantu mereka yang sedang dalam keadaan sulit seperti saat ini.

”Tak banyak yang saya berikan, semoga apa yang saya berikan ini bisa bermanfaat,” ucap Edy singkat. (IP)

News Feed