Selesaikan Survei, Peserta Kartu Prakerja Bisa Dapat ‘Uang Saku’

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menyatakan penerima manfaat program Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihannya dapat menerima ‘uang saku’ tambahan senilai total Rp150 ribu. Insentif itu diberikan apabila peserta telah menyelesaikan tiga survei yang masing-masing bernilai Rp.50 ribu.

“Mereka yang sudah mengisi survei akan mendapat Rp.50 ribu (per survei),” ungkap Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, belum lama ini.

Melansir dari situs resmi Program Kartu Prakerja yaitu prakerja.go.id, pengisian survei dilakukan secara daring di laman: https://dashboard.prakerja.go.id. Karena dalam mengisi survei dibutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga 30 menit, dan disarankan untuk melakukan survei diwaktu senggang agar pengisian survei tidak terpenggal.

Sebelum mengisi survei, peserta akan diminta untuk melakukan proses login terlebih dahulu menggunakan email dan password yang didaftarkan sebelumnya. Nantinya, akan disediakan daftar pertanyaan yang harus dijawab dengan tuntas untuk mendapatkan insentif tersebut.

Peserta diharapkan mengisi survei dengan jujur agar bahan evaluasi PMO akurat. Jika dalam proses pengisian peserta menemui kendala, Anda dapat menghubungi PMO Kartu Prakerja pada alamat surel survei@prakerja.go.id dengan subjek ‘Survei Kebekerjaan’.

Lebih jauh, Louisa menyebut ada satu syarat yang harus dipenuhi, yaitu peserta harus sudah menyelesaikan pelatihannya untuk dapat mencairkan uang insentif. Dijelaskannya, survei merupakan amanat dari Peraturan Presiden (PP) Nomor 36 Tahun 2020 yang diubah yang telah diubah oleh Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020, dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 3 Tahun 2020 untuk mengevaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja. (cni)