oleh

Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0212 Lakukan Pengerukan Jalur Air Pendangkalan

-TMMD-0 views

TAPSEL – Untuk mempelancar aliran air agar tidak meluap ke lingkungan warga, Satgas TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-111 wilayah Kodim 0212/Tapsel melakukan pengerukan jalur air yang mengalami pendangkalan, atau normalisasi sungai didesa Siuhom Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Hal ini dilakukan seiring musim hujan yang terjadi sehingga Satgas TMMD ke-111 melakukan percepatan dalam rangka normalisasi sungai agar air bisa mengalir dengan lancar serta juga bisa menampung air saat hujan deras turun.

Dansatgas TMMD ke 111 Kodim 0212/TS Letkol Inf Roy Chandra Sihombing, mengatakan bahwa normalisasi ini harus dilakukan cepat karena kondisi musim hujan yang dikhawatirkan sewaktu-waktu terjadi hujan deras sehingga akan mengalami kendala.

“Sehingga kami juga akan melakukan sesuai dengan target Namun kami juga melakukan percepatan agar cepat selesai dan juga bisa berfungsi dengan baik,” ungkapnya, Minggu (04/06/2021)

Dengan adanya normalisasi sungai ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk pengelolaan air sungai saat musim agar bisa lancar mengalir, dan tidak meluber ke pemukiman dan area persawahan milik petani yang dapat mengakibatkan banjir, dan juga dapat dikelola untuk menampung air ketika musim kemarau guna pengairan sawah milik warga.

Hal ini karena banyaknya kendala akibat kondisi sungai berbatasan dengan tanaman hutan di desa setempat sehingga menyulitkan satgas dan operator ekskavator ketika sedang bekerja.

“Namun kami bekerjasama dengan masyarakat setempat juga melakukan pengawalan terhadap alat berat ekskavator dan mobil ketika saat beroperasi mengalami gangguan teknis,” ujarnya (Irul Daulay)

Berita Terkait