Satgas TMMD ke-109 Selalu Terapkan 3M dan Beri Edukasi

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Sebelum memulai kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membangun Bronjong dan Mushola di Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (17/10/20), seluruh personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/BS Medan, terlebih dahulu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 3M, yakni dengan membersikan tangan dengan cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/BS Medan, Komandan SSK Kapten Arh Kusten Sidabutar mengatakan bahwa hal tersebut selalu diterapkan oleh setiap personel Satgas TMMD ke-109 saat menjalankan program TMMD, yakni memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

“Selain bentuk menjaga kesehatan, personel dilapangan juga merupakan bentuk edukasi dan sosialisasi kepada warga sekitar tentang pentingnya mencuci tangan di tengah perang melawan penyebaran virus covid- 19,” sebut Kusten.

Lebih jauh Kusten menjelaskan, selain sebagai bentuk budaya hidup sehat, penerapan 3M yang dilakukan personel Satgas TMMD juga merupakan contoh sosialisasi langsung terhadap masyarakat di lokasi kegiatan TMMD ke-109 Medan.

Menyikapi hal tersebut, salah seorang warga setempat, Tono yang ditanyai terkait penerapan 3M yang dilakukan oleh Satgas Personel TMMD, turut membenarkan hal tersebut. Dikatakannya juga bahwa setiap warga yang ikut serta dalam kegiatan TMMD itu juga diharuskan menerapkan 3M.

“Tujuannya, agar kita tidak menyebarnya virus ini ke orang lain. Karena kalau bukan kami sebagai warga untuk menjaga kampung kami sendiri, maka siapa lagi yang mau menjaganya,” ucapnya.

Tono pun mengatakan, selain memberikan edukasi tentang protokol kesehatan, Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/BS Medan juga memberikan masker gratis kepada warga sekitar. Tak hanya warga yang berusia dewasa saja, terhadap anak-anak pun turut diberi edukasi terkait protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 di lokasi kegiatan. (IP)