Satgas Covid Mebidang Tetap Intens Tegakkan Prokes

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan – Binjai – Deliserdang (Mebidang) terus menegakkan protokol kesehatan (Prokes) di tengah-tengah masyarakat.

Meski sempat mendapat serangan dari para preman beberapa waktu sebelumnya, namun hal itu tak membuat intensitas penegakan disiplin Prokes di wilayah Mebidang berkurang. Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang, Azhar Muliyadi menegaskan, kejadian tersebut tak menyurutkan intensitas timnya dalam menegakkan Prokes.

“Kejadian tersebut tentu tidak kita harapkan, dan mudah-mudahan tidak terulang lagi. Namun, itu tidak menyurutkan intensitas kami untuk menegakkan protokol kesehatan,” tegas Azhar usai melaksanakan operasi penegakan Prokes, Jumat (23/10/2020) malam.

Pada operasi di malam itu, Jumat (23/10/2020) malam, Tim Satgas Covid-19 Mebidang kembali merazia tempat hiburan malam dan kafe yang ada di Kota Medan. Satgas yang dibagi menjadi dua tim mendatangi tempat usaha seperti kafe, resto, bar, dan warung kopi.

Tim I merazia tempat usaha seperti Coffee Q di komplek Villa Zeqita, Katamso Land, Shoot Resto and Bar, dan Mie Aceh Simpang Johor. Keempat tempat usaha ini mendapat teguran non tertulis dari petugas karena melakukan pelanggaran ringan.

Sedangkan Tim II, merazia tempat usaha seperti Kopi Racing, Cafe Anjayani, Cafe Jack dan Warung Bang Lim. Tempat usaha ini juga mendapat teguran non tertulis. Selain itu, selama operasi Tim Satgas Covid-19 juga memberikan sanksi kepada warga yang tidak mengenakan masker, total tim memberikan sanksi fisik kepada 14 orang.

“Kebetulan malam ini hujan, jadi tempat hiburan malam, kafe, dan warung kopi agak sepi. Tapi, kita terus mengingatkan kepada pengelola usaha agar disiplin dan konsisten menegakkan protokol kesehatan,” tambah Azhar.

Plt.Kasubag Pemberitaan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Salman Tanjung yang turut serta dalam operasi tersebut menambahkan, Satgas Penanganan Covid-19 Sumut terus berupaya menekan penyebaran wabah covid-19.

“Bukan hanya operasi malam, siang hari kita juga melakukan razia protokol kesehatan. Kita juga terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan fasilitas kesehatan, seperti menambah jumlah laboratorium untuk test swab PCR. Langkah-langkah ini telah mampu menurunkan angka penyebaran Covid-19,” kata Salman.

Terpisah, pengelola usaha Shoot Resto, Johan mengatakan, pihaknya akan lebih disiplin dalam menerapkan Prokes di tempatnya.

“Kedepannya, kita akan lebih perhatikan hal tersebut,” katanya. (IP)