Satgas Covid-19 Sumut Lakukan Vaksinasi Tahap II Pertama ke Wartawan

MEDAN – Proses vaksinasi covid-19 tahap kedua di Sumut telah dimulai.Vaksinasi tahap kedua tersebut dilakukan Tim Vaksinasi Satgas Covid-19 Sumut terhadap sejumlah awak media yang biasa meliput kegiatan Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi. Vaksinasi tersebut sedianya di lakukan di Posko Satgas Covid-19 Sumut, Selasa (2/3/2021).

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Irman Oemar mengatakan, vaksinasi terhadap wartawan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Sumut. Sebab pada tahap kedua vaksinasi, pekerja publik termasuk wartawan menjadi prioritas untuk di berikan vaksin.

Wartawan Jelajahnews.id Ilham Pane saat menerima vaksinasi Covid-19 yang di lakukan Tim Satgas Covid-19 Sumut. (Ist)

“Di tahap kedua, pemerintah Sumut memfokuskan bagi pejabat publik, orang-orang yang berinteraksi dengan orang banyak. Salah satunya kawan-kawan media. Oleh karena itu, hari ini di beri prioritas kepada media yang selama ini bersama Bapak Gubernur, meliput kegiatan beliau di berikan vaksinasi,” ungkap Irman.

Irman pun berharap, pasca dil akukannya vaskinasi tersebut, imunitas para wartawan menjadi meningkat. Selain itu, jelasnya, media juga bisa menyampaikan kepada masyarakat manfaat serta efek setelah mendapatkan suntik vaksin covid-19.

“Kami harap, kawan-kawan media bisa mempublikasikan kepada masyarakat yang masih ragu terhadap vaksin, bahwa vaksin yang di lakukan ini aman dan halal,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang wartawan unit Pemprovsu, Pran Hasibuan dari Harian Sumut Pos mengapresiasi atas apa yang di lakukan oleh Pemprovsu ini.

“Terima kasih kepada Pemprovsu karena sudah melakukan vaksinasi tahap kedua ini kepada kalangan wartawan. Terlebih pada vaksinasi tahap kedua ini, wartawan lah yang di dahulukan menerima vaksin covid-19,” sebut Pran.

Lebih lanjut Pran berharap agar seluruh wartawan yang ada di Sumut ini dapat di vaksinasi. Terlebih bagi mereka yang kerap melakukan peliputan langsung tentang covid-19.

“Meski saat ini wartawan yang di vaksin belum semuanya, saya harap agar wartawan lainnya yang ada di Sumut ini bisa di vaksin. Sebab, dengan menerima vaksin ini imun tubuh kita pun akan lebih meningkat serta diri kita bisa lebih kuat dalam menahan serangan virus covid-19,” paparnya.

Wartawan lainnya yang juga menerima vaksinasi, Baringin Lumban Gaol dari GATRA, mengaku bahwa dia tidak merasakan ada gejala apapun setelah beberapa menit mendapat suntikan vaksin. Selain itu, Baringin pun menjelaskan, Apalagi sebelum di lakukan penyuntikan vaksin, tim medis terlebih dahulu melakukan pengecekan kondisi tubuh dan riwayat kesehatannya.

“Aku gak ada merasakan apapun, cuma agak sedikit kebas aja pas bekas yang di suntik tadi. Tadi pun sebelum di suntik, kami juga di periksa terlebih dahulu tensi dan ditanyai juga terkait riwayat kesehatan kami,” ungkapnya.

Baringin pun mengatakan, agar jangan takut untuk di vaksin. Sebab menurutnya, dengan menerima vaksin covid-19, kita dapat menjaga diri serta kerabat dan keluarga kita dari covid-19.

“Yang pasti jangan takut di vaksin. Ini aman dan nyaman,” tandas Baringin. (IP)