Sambangi Menteri Sosial, Bupati Karo Layangkan 3 Permohonan

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting menemui Menteri Sosial Juliari P. Batubara di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Terkelin menyampaikan tiga permohonan bantuan kepada Kementerian Sosial (Kemensos), Kamis (19/11/2020).

Permintaan bantuan tersebut disampaikan langsung Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada Menteri Sosial Juliari P. Batubara dengan menyerahkan surat Permohonan Bantuan Sosial Nomor: 460/2172/Dinsos/2020.

Terkelin menjelaskan, Pemkab Karo telah melakukan pendataan dalam hal permohonan bantuan, di antaranya permohonan bantuan terkait kebakaran Pasar Tradisional Berastagi, pada Selasa dinihari (17/11/2020) lalu.

“Dasar inilah pihak Pemkab Karo membuat surat permohonan Nomor: 460/2172/Dinsos/2020 tanggal 18 November 2020 tentang Permohonan Bantuan Sosial. Ada tiga poin penting kita catatkan Pak Menteri.

Pertama permintaan  bantuan untuk korban bencana kebakaran Pajak (Pasar) Tradisional Berastagi, dengan rinci kios dan bale-bale 535 unit dan 8 rumah. Kedua, terkait bantuan isi perlengkapan rumah tangga Relokasi Siosar Tahap III dengan jumlah 892 kepala keluarga (KK) dan  ketiga, bantuan untuk penyandang disabilitas yang terdiri dari kursi roda, tongkat 3 kaki, alat bantu dengar, dan kacamata baca,” sebut Terkelin.

“Jadi inilah Pak Menteri, kami butuh campur tangan dan dukungan dari pihak Kemensos agar beban masyarakt karo yang terdampak dalam permasalahan yang dialami saat ini, betu-betul nantinya dapat meringankan kesulitan ekonominya. Semua itu tergantung realisasi Pak Menteri,” ungkap Terkelin.

Ketua DRPD Sumut Baskami Ginting meminta Menteri Sosial dapat memberikan bantuan kepada pedagang Pasar Berastagi yang menjadi korban dalam peristiwa kebakaran yang menimpa para pedagang.

“Hal ini membuat saya bersama bupati menemui Pak Menteri. Jadi tolong dibantu para pedagang ini Pak Menteri. Saat ini mereka butuh uluran tangan. Pemda Karo sendiri tidak mampu jika tidak ada dukungan pihak Kemensos,” kata Baskami Ginting.

Menanggapi permintaan bantuan tersebut, Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyatakan akan segera memprores usulan tersebut.“Untuk bantuan sembako bagi korban kebakaran Pajak Tradisional Berastagi, kita realisasikan segera.

Dalam waktu dekat ini, awal Desember 2020, kita ke Kabupaten Karo menyalurkan sembako tersebut. Mengenai  perlengkapan alat rumah tangga korban erupsi Gunung Sinabung Relokasi Tahap III Siosar, sebanyak 892 KK akan direalisaikan dan untuk bantuan disabilitas kita realisasikan dalam bentuk uang bukan dalam  bentuk barang.  Namun, jumlah uang  masih dirapatkan, yang penting ketiga usulan ini saya tegaskan direalisasikan,” pungkas Juliari. (Jai)