oleh

Rosmaladewi Pengidap Kanker Payudara Terkendala Biaya

TAPSEL – Pasrah, kata yang pantas disematkan kepada Rosmaladewi (56), warga Kelurahan Napa, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Pasalnya Rosmaladewi hanya bisa pasrah mengidap kanker payudara karena terkendala biaya.

Berdasarkan keterangan dari keluarga korban yang enggan menyebutkan namanya, Dewi merupakan wanita berstatus gadis, dan saat ini tinggal di rumah saudaranya, hanya menjalani pengobatan herbal dan pengobatan kampung.

“Penyakitnya sejak 6 bulan terakhir ini, dulunya Tante kita ini tinggal di Kota Padangsidimpuan. Namun sejak penyakitnya makin parah, atas kesepakatan keluarga kita pindahkan ke rumah ini,” ujarnya.

Saat ditanya, kenapa tidak di bawa berobat ke Rumah Sakit. Dengan nada suara berat ia mengaku akibat keterbatasan biaya.

“Kita kewalahan masalah pembiayaannya, makanya kita buat berobat kampung dan herbal saja,” ucapnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan Sri Khairunnisa mengatakan, bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak Puskesmas Simarpinggan Kecamatan Angkola Selatan untuk menangani pengobatan Rosmaladewi.

“Info dari Puskesmas Simarpinggan tadi membenarkan bahwa warga tersebut pindahan dari Kota P.Sidimpuan, namun karena memang sudah berdomisili di Kabupaten Tapsel, kita akan berusaha untuk menanggulangi penyakit ibu tersebut baik ditingkat Puskesmas maupun ke tingkat rujukan,” ujar Sri Khairunnisa

Dan terkait kendala biaya, kata Sri Khairunnisa, akan mengupayakan solusi untuk penanganan penyakit Rosmaladewi.

“kita upayakan agar ibu tersebut mendapat kartu sehat melalui program Jamkesda Kabupaten Tapsel,” pungkasnya melalui aplikasi What’s App (WA). (Irul Daulay).

Berita Terkait