oleh

Resmikan 5 Polsek Baru, Kapoldasu: Tidak Boleh Menyidik

JELAJAHNEWS.ID, DAIRI – Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak meresmikan pembentukan 5 Kepolisian Sektor (Polsek) baru. Dan kelima Polsek tersebut tidak diberikan wewenang melakukan penyidikan.

Hal ini disampaikan Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simanjuntak saat meresmikan polsek di Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Kamis (29/4/2021).

Adapun 5 Polsek yang diresmikan Kapolda, yakni Polsek Medan Tuntungan di Polrestabes Medan, Polsek Kawasan Bandara Kualanamu di Polresta Deli Serdang, Polsek Pantai Labu di Polresta Deli Serdang, Polsek Parbuluan di Polres Dairi serta Polsek Lotu di Polres Nias.

Peresmian 4 Polsek lainnya dilakukan Kapolda secara virtual dan diikuti Wakapolda Sumut Brigjen Dadang Hartanto beserta jajaran Polda Sumut di Polsek Kawasan Bandara Kualanamu Internasional Airport.

Kapolda Sumut menyampaikan Kapolri memiliki program yaitu transformasi Polri Presisi, sehingga Polri harus memberikan pelayanan yang benar-benar ekstra kepada masyarakat.

Salah satu transformasinya, tambah Kapolda, penataan kelembagaan dengan membangun 1 Kecamatan 1 Polsek. Dan Polri akan terus berupaya meresmikan Kecamatan yang belum ada Polsek.

“Dari 5 Polsek yang saya resmi kan hari ini, Polsek Parbuluan adalah termasuk yang paling siap untuk menjadi Polsek. Atas nama Kapolri saya menyampaikan terima kasih dan rasa bangga kepada masyarakat Kec. Parbuluan atas dukungan yang diberikan dalam membangun Polsek,” ujar Panca.

Panca menambahkan bahwa tantangan saat ini yaitu dalam menindak lanjuti transformasi operasional untuk membangun 250 Polsek lebih, sehingga tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Polsek yang hari ini saya resmikan tidak saya berikan kewenangan penyidikan, karena sesuai dengan program Kapolri untuk mengedepankan pendekatan terhadap masyarakat melalui Bhabinkamtibmas,” tegasnya.

Panca juga berharap bagi personel yang ditugaskan pada lima Polsek baru agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, serta bersosialisasi dan menyatu dengan lingkungan masyarakat setempat sehingga program Kapolri terwujud dengan baik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam I/BB Mayjen. TNI. Hassanuddin, Bupati Dairi, Kapolres Dairi, unsur Forkopimda Kab. Dairi serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.(JN/Jai)

Berita Terkait