Relawan PMI Karo Salurakan Bantuan Terdampak Erupsi Gunung Sinabung

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Relawan dan petugas PMI (Palang Merah Indonesia) Karo dan Sumut menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung di tengah Pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Ketua PMI Kabupaten Karo dr Jasura Pinem MKes didampingi Ade Kepala Markas PMI Sumatera Utara, Jul Kabid Penangggulangan Bencana, Khairul Siregar Kabid Organisasi, serta sejumlah relawan dan petugas PMI Kabupaten Karo, di antaranya, Robert Tarigan SH Wakil Ketua Bidang Pengembangan Citra dan Hubungan Antar Lembaga, Selasa (11/8/2020), di Posko Utama Penanganan Bencana Erupsi Sinabung di Kantor Koramil 04/SE, Jalan Kiras Bangun, Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo.

“Satu buah mobil tangki air milik PMI Kabupaten Karo dan satu buah lagi milik Markas PMI Sumatera Utara, sejak Hari Sabtu (8/8/2020) bersama sejumlah mobil Damkar milik Pemkab Karo terus bergerak melakukan penyiraman/pembersihan abu erupsi di badan jalan di empat kecamatan itu,” ujarnya.

Selain itu, PMI juga memberikan bantuan sosial. Diserahkan secara simbolis kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana. Bupati didampingi Kepala BPBD Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis, Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung yang juga Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto SSos, dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SH SIK. Dada saat itu secara bersamaan sedang rapat kordinasi penanganan bencana erupsi Sinabung.

“Hari ini, 5.000 masker, 200 paket kit kesehatan kita salurkan langsung ke masyarakat di empat kecamatan terdampak bencana erupsi Sinabung. Di samping itu, dua buah mobil tangki air kita pergunakan untuk membantu masyarakat. Baik dalam pembersihan sarana publik maupun memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” kata dr Jasura Pinem didampingi Jul.

Masyarakat diingatkan agar tidak menganggap sepele dengan sebaran abu vulkanik. Sebab dapat menyebabkan gangguan pernapasan akut atau ISPA.

“Sistem pernapasan merupakan hal vital untuk menunjang hidup manusia. Jadi harus benar-benar diwaspadai. Khususnya bagi orang yang memiliki permasalahan paru-paru,” kata Jasura Pinem yang juga mantan Direktur RSU Kabanjahe itu.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mengapresiasi bantuan sosial dari PMI Kabupaten Karo bekerjasama dengan Pengurus Markas PMI Sumatera Utara. Karena menjadi motivasi membangkitkan semangat solidaritas.

“Pada saat ini penyemprotan badan jalan dan sarana umum dari abu vulkanik Sinabung menjadi skala prioritas. Supaya masyarakat bisa beraktivitas. Namun Pemkab Karo memiliki keterbatasan mobil damkar. Kami masih membutuhkan bantuan mobil tanki milik PMI Sumatera Utara, di luar dari dua buah mobil tanki air milik PMI Karo dan Sumut yang sudah difungsikan,” ujarnya.

Bupati dan Forkopimda dan Satgas Sinabung mengucapkan terimakasih atas bantuan sosial ini. “Memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di saat sedang mengalami kesusahan, adalah manifestasi dari semangat kepedulian terhadap sesama,” kata Bupati. (Jai)