Puncak Acara HPN 2021, Ijeck: “Pers Merupakan Pusat Informasi”

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) mengikuti acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 yang dipimpin Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (9/2/2021).

Peringatan HPN kali ini mengusung tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan’. Pada acara tersebut, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia.

“Saya tahu di saat pandemi sekarang ini, rekan-rekan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi. Dan, menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjaga optimisme, serta menjaga harapan,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers karena membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat.

Wagubsu, Musa Rajeckshah (Ijeck), usai mengikuti acara, ia pun tak lupa mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers, khususnya yang berada di Sumut. Menurutnya, pers berperan penting dalam memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang segala peristiwa yang terjadi di pemerintahan maupun masyarakat.

“Saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional. Kehadiran pers ini sangatlah penting untuk informasi, sebab pers merupakan pusat informasi bagi masyarakat,” kata Ijeck.

Ijeck pun berharap, pandemi covid-19 yang hampir berlangsung dalam setahun terakhir tak membuat semangat para insan pers surut dalam menghasilkan pemberitaan bagi masyarakat. Terlebih menurutnya, saat ini banyaknya informasi hoax yang beredar di berbagai media sosial sehingga membuat kehadiran pers sangat penting dalam meluruskan informasi yang sebenarnya terjadi.

“Kita harap, bisa kita lewati pandemi covid-19 ini. Dan kawan-kawan pers, baik secara perusahaan atau pribadi yang memang secara ekonomi berdampak, bisa sama-sama berjuang mempertahankan eksistensinya,” harapnya.

Ijeck juga mengatakan, keberhasilan suatu pembangunan oleh pemerintah tidak terlepas dari peran pers yang selalu memberi masukkan maupun kritikan. Sehingga demikian, katanya, pemerintah selaku lembaga eksekutif, khususnya Pemprovsu bisa merealisasikan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap besar dengan pers. Pertama supaya pers bisa mengawasi, melihat bagaimana suasana pandemi covid-19 ini. Anggaran-anggaran pembangunan sudah banyak terpotong dan anggaran kesehatan harus tepat sasaran. Kemudian, pers juga harus bisa memberikan masukan untuk bagaimana keadaan di lapangan dan apa yang dibutuhkan masyarakat,” sebut Ijeck. (IP)