PT Toba Pulp Lestari Raih 3 Platinum Indonesian CSR Award 2020

JELAJAHNEWS.ID, TOBA – Corporate Forum For Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) menyelenggarakan Indonesian CSR Awards (ICA) 2020 Sosial Investment & Sustainable Development untuk yang ke-enam kalinya.

Penghargaan yang digelar setiap tiga tahun sekali ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kegiatan Coorporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan mengacu kepada SNI ISO 26000:2013 Panduan Tanggung Jawab Sosial.

Dalam parameter penilaiannya, ICA 2020 yang diikuti oleh 39 perusahaan dengan 151 program dan 8 perorangan dilakukan berdasarkan  triple bottom line yang meliputi lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Untuk proses penilaiannya, diawali dengan pengisian form yang dilakukan oleh perusahaan dan akan dianalisa oleh juri, lalu dilakukan presentasi oleh perusahaan dan terakhir verifikasi lapangan secara langsung oleh juri.

Dalam malam Penghargaan ICA 2020 yang digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (6/11/2020). PT Toba Pulp Lestari Tbk memperoleh penghargaan tertinggi, yaitu Platinum Award dalam tiga program yang diajukan.

PT Toba Pulp Lestari meraih penghargaan dalam kategori Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat program Penciptaan Lapangan Kerja dan Peningkatan Keterampilan melalui Program Gerobak Madu, lalu Kategori Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat program Kesehatan melalui Program Toilet Sekolah, dan yang terakhir Kategori Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat program Kesehatan melalui Program Infrastruktur Desa Sopo Lestari.

Ketiga program ini dipilih dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan juga kemandiriannya setelah program dilakukan.

Salah satunya seperti program Infrastruktur Desa Sopo Lestari dimana PT Toba Pulp Lestari memberikan bantuan dalam investasi sosial pembangunan gedung sopo, dan pihak penerima Sopo Lestari telah berhasil mandiri dengan mengadakan struktur kepengurusan sopo serta telah memperoleh income dari sopo tersebut.

Selain itu Program Sopo Lestari juga mendukung dalam mempertahankan kebudayaan adat masyarakat lokal. Hal serupa juga diberlakukan pada Program Toilet Sekolah dan Gerobak Madu yang sudah mandiri dalam pelaksanaannya.

Penghargaan Platinum Award terhadap tiga program tersebut diserahkan langsung oleh Dra. Sarwat Fardaniyah selaku Ketua Steering Committee ICA 2020 dan Prof. Dr. Ir. Hardinsyah MS selaku Ketua Komite CSR dan Ketua Komite Penilai kepada Manager Community Developmet (CD) PT Toba Pulp Lestari Ramida Siringoringo dan Jandres Silalahi selaku Direktur PT Toba Pulp Lestari.

Dengan adanya penghargaan yang diterima oleh PT Toba Pulp Lestari, Ramida mengatakan bahwa ini merupakan tantangan baru bagi perusahaan untuk lebih lagi mengembangkan program-program yang akan memberikan dampak lebih besar kepada masyarakat.

“Kedepannya program-program lain akan semakin kita kembangkan untuk menjadi karya dan juga berdampak positif bagi masyarakat disekitar perusahaan. Kita juga berharap Toba Pulp Lestari dapat memperoleh penghargaan lainnya, untuk kemajuan dan perbaikan lebih baik,”ujar Ramida. (Ald)