oleh

Provider Telekomunikasi Diminta Agar Membantu Pendidikan Daring di Masa Pandemi

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) menerima audiensi dan silaturahmi PT Telkom dan Telkomsel di Sumut di Rumah Dinas Wagubsu, baru-baru ini.

Dalam pertemuan itu, provider telekomunikasi diminta untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19. Disampaikannya juga, saat ini pandemi Covid-19 membuat perekonomian masyarakat dalam kesulitan, termasuk bidang pendidikan yang muaranya adalah kepada keilmuan bagi generasi penerus yang seharusnya mengenyam pendidikan di bangku sekolah hingga perkuliahan. Karena itu, perlu ada dukungan penuh dari semua pihak yang bisa membantu meringankan beban tersebut.

“Saya sampaikan terima kasih atas perhatian berbagai pihak yang telah memberikan berbagai keringanan untuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan. Karena itu patut diapresiasi banyaknya program yang selama ini berjalan, baik dengan pemerintah provinsi maupun Kabupaten/Kota,” ujar Ijeck.

Khusus kepada PT Telkom dan Telkomsel sebagai provider telekomunikasi yang memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam berbagai cara, seperti Program Merdeka Belajar Jarak Jauh, Wagub menyebutkan bahwa langkah itu memang sudah seharusnya berjalan, bahkan sebelum masa pandemi. Karena khusus untuk sektor pendidikan di era digitalisasi sekarang ini, telekomunikasi menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam mengembangkan keilmuan.

“Jadi dengan kemudahan yang ada, kondisi sekarang kita tidak kesulitan menghadapi. Kita juga sarankan provider untuk memberikan paket murah. Karena masalah akses daring ini menjadi penting. Pasti sangat membantu,” jelasnya.

Bantuan pogram belajar dari Telkom dan Telkomsel, kata Wagub, dengan paket internet sangat murah akan membantu pemerintah yang saat ini fokus dalam penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Kita berharap seluruh kabupaten/kota bisa mendapatkan akses ini, agar semua bisa menerima pelajaran dengan baik. Dan semoga Telkom dan Telkomsel punya program lain untuk membantu masyarakat di masa pandemi ini,” sebut Ijeck yang menungkapkan bahwa penggunaan data (internet) semakin meningkat.

Ia juga berharap pihak provider telekomunikasi menyiapkan fasilitas berupa perangkat dan jaringan WiFi di tempat khusus seperti Rumah Sakit rujukan pemerintah untuk perawatan pasien Covid-19. Namun yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kapasitas dan kecepatan akses internet di daerah yang masih perlu perbaikan dalam bidang tersebut.

Deputi EVP Marketing Telkom Regional I Sumatera, Dwi Pratomo Juniarto menyampaikan paket produk belajar dari rumah untuk mendukung pembelajaran jarak jauh yang sekarang masih menjadi aktivitas utama pendidikan di masa pandemi, karena larangan pertemuan tatap muka di sekolah, dimana PT Telkomsel merupakan anak perusahaan PT Telkom selaku operator telekomunikasi.

Senada dengan itu, GM Consumer Sales Regional Sumbagut PT Telkomsel, Ihsan menyampaikan bahwa perusahaannya memberikan kemudahan dalam Program Merdeka Belajar Jarak Jauh dengan harga Rp.10. Pelanggan bisa mendapatkan paket 10 GB internet untuk keperluan belajar bagi anak sekolah. Mengingat di masa pandemi, belajar daring di rumah mejadi aktivitas keseharian belajar mengajar.

“Telkomsel akan membantu siswa siswi di Sumut, di masa pandemi karena belajar dari rumah butuh akses internet. Agar siswa tidak tertinggal dari segi keilmuan,” pungkasnya.

Pertemuan silaturahmi tersebut juga berlangsung dalam suasana kekeluargaan, ditandai pemberian cenderamata dari PT Telkomsel kepada Wagub Musa Rajekshah oleh GM Consumer Sales Regional Sumbagut PT Telkomsel Ihsan bersama jajaran serta PT Telkom dan jajarannya. (IP)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

News Feed