Propam Mabes Polri Cek Tes Urine 480 Personil Polda Sumut

MEDAN – Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri memeriksa hasil tes urine jajaran Polda Sumut, Rabu (9/6/2021). Hal ini dilakukan untuk memeriksa disiplin dan ketidakpatuhan personil jajaran secara mendadak dan bergiliran.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabag gaktiblin Biro Provos Divisi Propam Mabes Polri, Kombes Jamaluddin Party, dengan melibatkan Pusdokkes Mabes Polri.

Terpisah, Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menyebutkan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan pelanggaran dan kejahatan disiplin serta kode etik personel.

“Arahannya kira-kira semua peristiwa pelanggaran disiplin dan kode etik maupun pidana yang dilakukan anggota Polri itu biasanya didahului karena ketidakdisiplinan dan ketidakpatuhan,” kata MP Nainggolan.

Pelaksanaan itu juga dilakukan terhadap Kapolda Sumut, Waka Poldasu, Irwasda dan para Pejabat Utama (PJU) serta seluruh personel dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Mereka melakukan cek seluruh personel dan ASN, antara lain administrasi identitas berupa KTA, kartu kepemilikan senjata, KTP, SIM, kerapian dilanjutkan dengan pemeriksaan test urine,” jelasnya.

Tes urine tersebut diikuti 480 personil. Kegiatan pengecekan itu sebelumnya juga sudah dilakukan Divisi Propam dan Pusdokkes Mabes Polri di Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan, Polres Sergai, Polres Deliserdang, Direktorat (Dit) Polair dan Dit Samapta.

Menurutnya, pelanggaran dan tindak kejahatan itu lebih sering terjadi atau dilakukan anggota karena tidak disiplin dan ketidakpatuhan.

“Tujuan kegiatan ini memperbaiki kedisiplinan dan kepatuhan diawali oleh seluruh pimpinan sampai tingkat Pama,” ujar MP Nainggolan mengakhirinya.(JN/Jai)