Program 3S Lapas Kelas II-A Binjai, Mendapat Apresiasi Pengunjung

JELAJAHNEWS.ID, BINJAI – Lapas Kelas II-A Binjai terus berbenah dalam memberikan layanan kepada pengunjung, terutama kepada keluarga warga binaan.

Gerakan 3S yakni Senyum, Sapa, dan Salam, menjadi salah satu program yang dicanangkan maupun dilaksanakan dalam meningkatkan layanan terbaik di Lapas Kelas II-A Binjai.

Salah satu pengunjung maupun keluarga dari warga binaan, Suparjono (Jono), mengapresiasi layanan 3S tersebut kepada awak media, Kamis (13/8/2020).

“Memang terkesan, gerakan 3S ini sederhana bang, tapi bagi kita, layanan ini membuat kita merasa nyaman, bahkan kita merasa seperti dirumah sendiri,” ujar Jono.

Jono mengakui ada kesan negatif yang beredar di masyarakat, ketika kita mengunjungi salah satu keluarga yang berstatus warga binaan.

“Tetapi agak berbeda ketika kita berada di Lapas ini, layanan dan gerakan 3S, membuat kita nyaman dari layanan petugas,” tambah Jono ketika mengunjungi keluarga sebagai warga binaan.

Terpisah, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas ( KKPL) Klas II-A Binjai, Rinaldo A. Tarigan SH MH, ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat whatsapp mengatakan, bahwa petugas selalu dihimbau agar selalu menerapkan gerakan 3S di Lapas , terutama ketika menerima keluarga yang sedang menjenguk warga binaan.

“Meskipun menerapkan 3S, petugas tetap ketat melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan tamu yang menjengguk warga binaan, gun mengantisipasi terjadi masuknya narkotika kedalam lapas,” tegas
Rinaldo A. Tarigan.

Tambah Rinaldo, pasca pandemi Covid-19, Lapas Kelas II-A Binjai konsisten mensosialisasi pencegahan penyebaran covid-19, dengan mengikuti peraturan pemerintah yang sesuai dengan protokoler kesehatan.

“Selalu menjaga jarak, mencuci tangan, cek suhu tubuh sebelum ambil nomor antrian,” pungkas Rinaldo.(Jai)