Presiden Resmikan Jalan Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang Sepanjang 9,3 Km

JAKARTAPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Enam Ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta, Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang, Senin (23/08/2021) pagi, di Gerbang Tol Cakung, Jakarta Timur.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini Jalan Tol Pulo Gebang – Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi Jalan Tol Metropolitan Jabodetabek serta bagian dari Lingkar Dalam Jakarta dan Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road).

Keberadaan segmen tol ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan distribusi logistik sekaligus meningkatkan daya saing komoditas Indonesia.

“Jalan tol ini juga terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus Marunda dan juga terhubung juga dengan Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita. Dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik, mobilitas barang antara Kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan semakin baik,” kata Presiden.

Jalan Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang ini merupakan bagian dari Jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta atau disebut dengan Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Pembangunan ini termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018.

Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya skema pembiayaan yang menggunakan bauran pendanaan antara pemerintah, BUMN, dan swasta dalam mempercepat proyek pembangunan nasional, seperti yang dipergunakan dalam pembangunan jalan tol ini.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah model pembiayaan. Kita harapkan ini bisa dilakukan di jalan tol-jalan tol yang lain, yaitu memadukan anggaran bauran pendanaan, baik itu antara kementerian dengan BUMN, Kementerian BUMN dengan swasta atau model KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha), sehingga akan mempercepat proyek-proyek jalan tol yang telah kita rencanakan,” ujarnya.

Kepala Negara pun mengharapkan agar skema pembiayaan itu juga dapat dilakukan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh daerah di Indonesia.

“Saya berharap skema-skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi di pelosok Tanah Air, sehingga akan mampu mengatasi ketimpangan antardaerah, antarprovinsi dalam pembangunan infrastruktur. Dan kita harapkan akan mempercepat konektivitas nasional kita,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Presiden menempelkan kartu elektronik pada replika gerbang tol otomatis dan melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian Jalan Tol Enam Ruas dalam Kota Jakarta, Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *